Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sdn Cilegon Ix Sebagai Upaya Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa

  • Ratna Dewi Purwati Univiersitas Pendidikan Indonesia
  • Tiurlina Universitas Negeri Medan
  • Fatihaturosyidah Univiersitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Barang bekas, media pembelajaran

Abstract

Pada umumnya media yang sering digunakan di sekolah antara lain media gambar dan media abstrak lainnya, media laptop atau komputer, proyektor, pengeras suara, dan alat sejenis lainnya. Kadang-kadang guru lalai menggunakan sumber belajar yang tersedia di daerah terdekat untuk mempromosikan kegiatan belajar.Namun pada penelitian ini peneliti bertujuan menumbuhkan keaktifan siswa dengan menerapkan pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian yaitu kualitatif, untuk metode penelitiannya peneliti menggunakan metode deskriptif yang mana dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik yaitu observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Cilegon IX yang beralamatkan di Jl Tumenggung No.9, Jombang Wetan, Kec. Jombang, Kota Cilegon Prov. BantenSaat melakukan pengumpulan data di lapangan peneliti juga melakukan analisis data. Semua data yang telah di dapat kemudian diolah melalui tiga tahap analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan pada penelitian ini bahwa penggunan barang bekas sebagai media pembelajaran ini dapat membuat situasi kelas menjadi hidup karena media ini sangat menarik minat dan perhatian siswa terutama jika siswa dilibatkan langsung untuk berkreasi dan membuat media pembelajaran itu sendiri sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran pada pembelajaran matematika ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi bangun ruang karena dengan menggunakan barang bekas ini siswa dapat mengeksplorasi dan berkreasi membuat media pembelajaran sendiri.

References

Akbar, d. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Abdimas Dewantara 2 (2), 144.
Anggraeni, P. P. (2018). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Ruang.
Bito, G. S., & Rahmawati, D. R. (2016). Matematika SD: Ringkasan Materi, Latihan Soal & Pembahasan. Nusa Tenggara Timur: Program Studi PGSD Universitas Flores.
Darmawan, D., & Wahyudin, D. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fatmawati, Y. (2021). Penerapan Media Barang Bekas untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas V di UPTD SD Negeri Amparaan 1 Kecamatan Kokop. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran. Fitrah, M., &
Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Johnson, B. (2017). Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan. Bandung: MLC.
Juniah, R. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV Di SD Negeri 43 Kota Bengkulu Pada Mata Pelajaran SBDP.
Karso. (2006). Pendidikan Matematika 1. Jakarta.
Lestari, D. D. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Vol 1.
Mopi, S. (2016). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran IPA di SDN 4 Telaga.
Mumpuni, d. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 8-14.
Nazir, M. (1986). Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosda Karya. .
Nur, S. H. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran di Kelompok Bermain Bawakaraeng II Kelurahan Sudiang Kota.
Prafitriani, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IV A SDN Margoyasan.
Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik di Lingkungan. Vol 8 No. 2, 141-147.
Setyaningsih, R. (2009). Peningkatan Pemahaman Konsep Geometri dan Pengukuran dengan Pendekatan Kontekstual melalui Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana.
Sundayana, R. (2018). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Surya, Y. (2009). Matematika itu Asyik. Jakarta: PT. Amandelta Selaras. Tya
Pratiwi, Y. (2010). Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Menghitung Volume Kubus dan Balok dengan Menggunakan
Published
2023-01-27
How to Cite
Ratna Dewi Purwati, Tiurlina, & Fatihaturosyidah. (2023). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sdn Cilegon Ix Sebagai Upaya Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Journal of Student Research, 1(2), 394-403. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1047