Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Gita Sonia Simbolon Universitas Negeri Medan
  • Glory Indira D. Purba Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1050

Keywords:

Bahan ajar interaktif, pendekatan kontekstual, kemampuan pemecahan masalah matematis, program linear.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang berkualitas dengan kategori valid, praktis, dan efektif, untuk menaikkan kemampuan memecahkan permasalahan matematika peserta didik pada materi program linear. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan lembar validasi bahan ajar interaktif, lembar validasi RPP, lembar validasi angket respon, lembar validasi tes kemampuan, angket respon guru dan siswa, serta tes kemampuan siswa. Setelah bahan ajar interaktif, RPP, angket respon dan tes kemampuan dinyatakan valid oleh para ahli, tahap selanjutnya dilakukan uji coba lapangan. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria dari aspek kevalidan menurut penilaian para ahli dengan rata-rata validitas bahan ajar interaktif yaitu 3,44 untuk validasi materi dan 3,49 untuk validasi media dengan kategori sangat layak serta rata-rata validitas RPP adalah 3,54 dengan kategori sangat layak, (2) Bahan ajar interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria dari kepraktisan dengan: a) hasil angket respon peserta didik mengenai bahan ajar interaktif menunjukkan persentase kepraktisan 80,46% dengan kategori sangat praktis; b) hasil angket respon pendidik mengenai bahan ajar interaktif menunjukkan persentase kepraktisan 90,47% dengan kategori sangat praktis; (3) Bahan ajar interaktif berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif melalui: a) aktivitas waktu pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar interaktif yang dikembangkan sama dengan waktu pembelajaran biasa, dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan di dalam RPP, (b) respon peserta didik terhadap produk pembelajaran positif, dan (c) ketuntasan belajar siswa secara klasikal 88,89%. Melalui uji Gain, tampak bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan menggunakan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan kontekstual mengalami kenaikan sebesar 0,74 dengan kategori tinggi.

 

References

Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa Smp Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 323-332.
Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perdana Publishing.
Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Jamilah, N., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif ‘Post’dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Untuk Siswa Kelas X Sma. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 14-23.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusaeri, A. (2019). Pengembangan Program Pembelajaran Matematika. Mataram: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Mataram.

Lufri., Ardi., Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: Cv Irdh.
Nuraeni, I., Ratnaningsih, N., & Madawistama, S. T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Melalui Aplikasi Ispring Untuk Mengeksplor Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1008-1024.
Panggabean, N. H. & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rahmawati, M. D. S. (2021). Pengembangan Permainan Moji (Monopoli Haji) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Viii Di Mts Unggulan Ismul Haq Mojokerto. Skripsi.
Ratumanan, T. G., & Tetelepta, Y. (2019). Analisis Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Sma Negeri 1 Masohi. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 1(1), 25-34.
Siahaya, A. (2021). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Karakter. Indramayu: Penerbit Adab.
Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Smp. Jurnal Analisa, 4(1), 16-23.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumarni, R. A., & Dwitiyanti, N. (2022). Pengembangan E-Modul Kalfis Matlab Gerak Vertikal Menggunakan Flip Pdf Corporate Edition. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1).
Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada Materi Luas Dan Volume Bola. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-46.
Yuliana, F. H., Fatimah, S., & Barlian, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Mikro. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 36-46.
Zinnurain, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip Pdf Corporate Edition Pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 132-139.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Gita Sonia Simbolon, & Glory Indira D. Purba. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal of Student Research, 1(2), 422–439. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1050