DIAGNOSA AUTISME PADA ANAK DENGAN SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

  • Fadlan Isa Damanik Universitas Negeri Medan
  • Said Iskandar Al-Idrus Universitas Negeri Medan
Keywords: Sistem Pakar, Forward Chaining, Autisme

Abstract

Gangguan mental pada anak merupakan gangguan kesehatan yang terdiri dari keterbelakangan mental autis dan anxiety disorder. Banyak orang awam yang tidak menyadari bahwa anaknya mengidap gangguan autisme. Ketidaktahuan ini disebabkan oleh kurangnya informasi tentang gangguan tumbuh kembang anak, gejalanya, dan kurangnya dokter spesialis tumbuh kembang anak dan psikolog. Penyebab autisme sendiri sudah ada sebelum bayi lahir, bahkan sebelum vaksinasi. Sistem pakar adalah cabang AI (Artificial Intelligence) yang menggunakan keahlian secara luas untuk memecahkan masalah. Pakar adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan memiliki pengetahuan atau keterampilan khusus yang orang lain di bidangnya tidak tahu atau tidak mampu. Berdasarkan kondisi di atas, maka dibangunlah sebuah sistem yang menggunakan teknologi komputerisasi yang dapat mengadopsi kemampuan seorang ahli atau pakar yaitu teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan.

References

Aditasari, L. P., Novita, M., & Waliyansyah, R. R. (2020). Sistem Pakar Penentuan Gaya Belajar Siswa Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web.
Association American Psychiatric. (2000). Diagnostic and Statistical Manual of Menta Disorder (Vols. 4th, Text Revision). Washington, DC: American Psychiatric Association.
Bangun, F., & Sagala, J, R. (2019). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit TBC Menggunakan Metode Teorema Bayes. Jurnal Teknik Dan Informatika. Vol.6(2) : 23-29.
Delima, R., & Proboyekti, U. (2011). Penerapan Forward Chaining Pada Program Diagnosa Anak Penderita Autisme. Jurnal Informatika, 5(2).
Dahria, M. (2011). Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi. J. Saintikom, 10(3), 199-205.
Hananto, P. E., Sasongko, P. S., & Sugiharto, A. (2014). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Tanaman Cengkih Dengan Metode Inferensi Forward Chaining. Journal of Informatics and Technology, 1(3), 1-14.
Handoyo, Y.,(2010). Autisme, Jakarta : PT. Buana Ilmu Populer
Hendri, A. H., & Sutisna, M. A. (2021). Article Desktop Based National Police Commission Activities Information System. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(1), 14-23.
Listiyono, H. (2008). Merancang Dan Membuat Sistem Pakar. Dinamik, 13(2).
Mansuri, Y. (2015). Sistem Informasi Pariwisata Propinsi Nangroe Aceh Darussalam Berbasis Web. Jupiter, 1(1).
Musayaroh, S. (2015). Pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara AnakAutis. JurnalPendidikanKhusus, 7(2).
Published
2023-01-29
How to Cite
Fadlan Isa Damanik, & Said Iskandar Al-Idrus. (2023). DIAGNOSA AUTISME PADA ANAK DENGAN SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING. Journal of Student Research, 1(2), 448-460. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1063