Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTS Negeri 1 Langkat

  • Nadya Elsa Surbakti STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Ahmad Zaki STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Ahmad Fuadi STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
Keywords: Kemampuan Pemahaman, Pembelajaran Inkuiri

Abstract

Permasalahan secara khusus yang ditemukan di lokasi penelitian yaitu di MTs. Negeri 1 Langkat bahwa siswa kelas VII-A bahwasanya guru bidang studi Al-Qur’an Hadits menggunakan model pembelajaran langsung seperti model ceramah dan pemberian tugas berbentuk soal latihan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 (tiga) siklus. Hasil penelitian bahwa penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan Pemahaman siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadits bagi siswa Kelas VII MTs. Negeri 1 Langkat sudah terlaksana dengan baik dan terdapat peningkatan sejak awal pra Siklus yaitu jumlah siswa yang mendapatkan ketuntasan nilai rata-rata yaitu 56,55 siswa yang mendapatkan nilai tuntas pada bidang studi Al-Qur’an Hadits, pada Siklus I meningkat menjadi 63 siswa yang tuntas dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada materi pemahaman. Pada Siklus II tingkat ketuntasan siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits yaitu 78,4 di Kelas VII MTs. Negeri 1 Langkat. Kemudian dianalisis dari Siklus III ketuntasan siswa mencapai 89,8. Dengan demikian, hipotesis penulis telah diuji kebenarannya dan dapat dipertanggung jawabkan berdasarkan fakta-fakta dilapangan yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan melalui hasil tes kemampuan pemahaman siswa pada siklus I, II dan siklus III.

References

Abdul Razak; Satria Wiguna. (2022). Pengaruh Beasiswa Pendidikan Pada Program Indonesia Pintar ( Pip ) Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlak Kelas Viii Mts Alwashliyah Kecamatan Babalan. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 01(Desember), 249.
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). Ptk (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di Sd Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, Ix(2), 11.
Fahmi, M., & Wiguna, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Mas Ar-Rahman Bubun. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 130–137.
Febriyanni, R., Wiguna, S., & Esa, M. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ( Ptk ) Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sdn 050734 Tanjung Pura Langkat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4).
Maulana, R. (2022). Upaya Meningkatkan Metakognisi Siswa Melalui Metode E-Learning Di Era 5 . 0 Pada Mata Pelajaran Alqur ’ An Hadist Kelas Viii Mts Ppm Al-Fath Desa Air Hitam. Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 302–310.
Salim Dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Satria Wiguna. (2020). Keteladanan Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter. As- Syar ’ I : Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2, 216–227. Https://Doi.Org/10.47476/As.V2i2.589
Published
2023-01-29
How to Cite
Nadya Elsa Surbakti, Ahmad Zaki, & Ahmad Fuadi. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTS Negeri 1 Langkat. Journal of Student Research, 1(3), 8-20. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1065