Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Tsanawiyah Dalam Pengelolaan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Al Habib Kecamatan Sei Lepan

  • Rawiya STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Pitriani Nasution STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
Keywords: Kompetensi Manajerial, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan

Abstract

Kemampuan seseorang dalam manajemen dikatakan sebagai manajerial dan orangnya dapat dikatakan sebagai manajer. Dengan manajemen, kinerja sebuah organisasidapatberjalandengan maksimal, demikian juga  dengan  lembaga pendidikan.. Mutu pendidikan dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik-buruknya hasil yang dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan studi lapangan (field research). Teknik metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan proses pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa kompetensi pada dasarnya merupakan gambaran tentang apa yang seharusnya dapat dilakukan seseorang dalam pekerjaan berupa kegiatan, perilaku, dan hasil yang seharusnya dapat ditampilkan atau ditunjukkan. Agar dapat melakukan sesuatu dalam pekerjaannya tentu saja seseorang memiliki kemampuan dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang sesuai dengan bidang pekerjaannya. Mutu pendidikan sebagai sistem selanjutnya tergantung pada mutu komponen yang membentuk sistem, serta proses pembelajaran yang berlangsung hingga membuahkan hasil di Pesantren Al Habib.

References

Annisa Siswanti, Nurmisdaramayani, S. W. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTS Jam ’ Iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 132–142.
Febriyanni, R., Wiguna, S., Arafah, N., & Akmalia, R. (2021). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP Di MAS Al-Ikhwan Serapuh. 5(2), 211–222.
Khairuddin, S. W. (2022). Upaya Peningkatan Kecerdasan Intelektual Siswa Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Siswa Kelas VII MTS Al Amanah Babalan. Journal Research And Education Studies, 3(1), 65–76.
Lexy J. Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. (2004). Manajemne Berbasis Sekolah. PT Remaja Rosda Karya.
Satria Wiguna, N. A. (2021). Implementasi Kurikulum Berkarakter Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Stabat. JoeL : Journal Of Educational And Language Research, Vol 1 No 2(September).
Siti Rukmana, S. W. (2022). Pengaruh Model Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di Mts IKABA Desa Paluh Manis Kecamatan Gebang. JIA : Jurnal Idarah At-Ta’lim, 1(1), 33–41.
Published
2023-01-30
How to Cite
Rawiya, & Pitriani Nasution. (2023). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Tsanawiyah Dalam Pengelolaan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern Al Habib Kecamatan Sei Lepan. Journal of Student Research, 1(1), 404-413. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.1070