Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Monstera Adansonii Di Kelurahan Pondok Kelapa
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1104Keywords:
keputusan pembelian, preferensi konsumen, tanaman Monstera adansoniiAbstract
. Selain dapat memperindah ruangan, merawat tanaman hias dapat menghasilkan energi positif serta dapat meningkatkan imunitas pemilik yang melihatnya. Salah satu tanaman hias yang diminati banyak masyarkat saat ini adalah Monstera adansonii atau dikenal dangan Janda Bolong. Tanaman ini unik dan mempunyai daya tarik tersendiri karena mempunyai daun yang memiliki ciri berlubang. Preferensi konsumen adalah salah satu aspek yang mempengaruhi pertimbangan pembelian suatu produk serta merupakan pernyataan suka atau tidak suka. Daya tarik pertama yang dapat mempengaruhi konsumen dapat ditimbulkan dari atribut yang ditampilkan pada suatu produk atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik responden di Kelurahan Pondok Kelapa dan atribut (trend, harga, warna, jumlah daun dan ukuran tanaman) yang paling dipertimbangkan pada preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian tanaman hias Monstera adansonii di Kelurahan Pondok Kelapa. Setelah peneliti menyebarkan kuesioner, dilakukan uji analisis multiatribut Fishbein, atribut yang paling dipertimbangkan oleh konsumen tanaman Monstera adansonii di Kelurahan Pondok Kelapa berturut-turut adalah trend, warna daun, harga, ukuran tanaman, dan jumlah daun. Hasil dari penelitian ini dapat membawa implikasi kepada mahasiswa/i program studi pendidikan tata rias agar dapat digunakan sebagai pemberdaharaan ilmu pengetahuan, memberikan informasi dan menambah literasi mengenai preferensi tanaman Monstera adansonii sebagai bagian dari pembelajaran dasar graha dan pendidikan konsumen.
References
Tyas Luwiyenning, G. (2021). PENGARUH WORD OF MOUTH (WOM), KESENANGAN, DAN EKSPEKTASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN HIAS MONSTERA ADANSONII (JANDA BOLONG) DI PONOROGO (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Masruroh, R. (2021). Analisis Peningkatan Nilai Jual Tanaman Hias Monstera Adansonii (Janda Bolong) Di Handoyo Budi Orchids, Kabupaten Malang, Jawa Timur Laporan Praktek Kerja Lapang.
Anita, A., & Fitri, K. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN TINGKAT MINAT MASYARAKAT DALAM MEMILIH TANAMAN HIAS MENGGUNAKAN METODE SAW. Rang Teknik Journal, 4(1), 199-205.
Erlangga, E., Yolandari, Y., Thamrin, T., & Puspa, A. K. (2021). Analisis Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pemilihan Tanaman Hias. Explore: Jurnal Sistem informasi dan telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 12(1), 56-71.
Muhammad, L. M., & I Made, S. (2021). PENERAPAN DAUN MONSTERA SEBAGAI MOTIF PRODUK MEBEL TERAS RUMAH.
Damayanti, R. P., & Susanti, A. (2021). ANTESENDEN KEPUTUSAN PEMBELIAN TANAMAN HIAS PADA MASA PANDEMI DI SURAKARTA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(2), 172-181.
Fauzi, M. H., Susilowati, D., & Machfudz, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tanaman Hias Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 9(3).
Megasari, D., Khoiri, S., & Zamroni, A. (2021, September). Strategi Pemasaran Tanaman Hias pada Masa Pandemi Covid-19 di Mekar Jaya Nursery. In Prosiding Seminar Nasional Penanggulangan Kemiskinan (Vol. 1, No. 1).
Asnahwati, A. (2021). Prospek Bisnis Tanaman Hias Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Alhuda Bussiness Community Pekanbaru). Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 12(3), 307-313.
Priyambodo, C. S., Sastryawanto, H., & Hermawati, D. T. (2019). Analisis preferensi konsumen buah jeruk di Pasar Keputran Utara, Surabaya. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 19(1).
Nuryuliani, H., Kassa, S., & Howara, d. Analisis preferensi konsumen terhadap tanaman hias pada toko bunga nurseri krismalin di kota palu. Agroland: Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian, 20(2), 124-130.
Wijayanti, T., Juita, F., & Hadi, A. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Tanaman Hias Aglaonema (Studi Kasus Taman Tiga Saudara Vorvo, Samarinda Ulu). Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian, 18(33), 67-79.
Dewi, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Tanaman Hias Janda Bolong (Monstera Adansonii) Di Desa Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang (Doctoral dissertation).
Pracaya dan Kahono. (2018). Bercocok tanam dalam pot. Jakarta: PT. Sunda Kelapa Pustaka.
Kadir, Abdul dan Sigit Suyantoro. (2009). 600 jenis tanaman hias daun. Yogyakarta: Andi.
Prihmantoro, Heru. (1997). Tanaman hias daun. Jakarta : Penebar Swadaya.
Hasim, Iin. (2009). Tanaman hias Indonesia. Depok: Penebar Swadaya.
Ratnasari, Juwita. (2008). Galeri tanaman hias daun. Depok: Penebar Swadaya.
Budiana. (2008). Memupuk tanaman hias. Jakarta : Penebar Swadaya
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandunng: Penerbit Alfabeta.
Putri, S. E. (2019). Analisis Sikap Konsumen: Evaluasi dan Kepercayaan Atribut (Multiattributes Fishbein Approach). Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 159-177.
Wijayanti, T., Juita, F., & Hadi, A. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Tanaman Hias Aglaonema (Studi Kasus Taman Tiga Saudara Vorvo, Samarinda Ulu). Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian, 18(33), 67-79.