Pengaruh Servant Leadership dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Tenaga Pendidik SMA X Gading Serpong

  • Estika P. Sani Universitas Matana
  • M. Rachman Mulyandi Universitas Matana
  • Vikky Winardi Universitas Matana
Keywords: kepuasan kerja, motivasi kerja, servant leadership

Abstract

Pengaruh servant leadership dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru dan tenaga pendidik di SMA X Gading Serpong Kabupaten Tangerang pada bulan Juli 2022 sampai dengan September 2022. Adapun populasi dari oenelitian ini adalah guru-guru dan tenaga pendidik dari SMA X Gading Serpong pada periode bulan Agustus sampai dengan September 2022. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah teknik purposive sampling yang dimana peneliti akan menentukan kriteria responden yang dapat dipilih untuk menjadi sampel pada penelitian ini. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dan analisis data pada penelitian ini ialah angket dan analisis regresi linier berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari servant leadership serta motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru dan tenaga pendidik di SMA X Gading Serpong Tangerang.

References

Gunawan, A., Sucipto, I., & Suryadi. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi terhadap kinerja pada kantor Desa Pasir Sari Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika.
Hariyono, Y., & Andreani, F. (2020). Pengaruh Servant Leadership terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja di UD. Anugerah Mulya Rezeki. Agora.
Heryanto. (2020). Membangun kepemimpinan pelayan dari Gereja hingga dunia kerja. Sekolah Tinggi Teologi Internasional Harvest Semarang.
Juniari, N. K., Riana, I. G., & Subudi, M. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.
Mulyadi, Purnomo, N., Sutrisno, Komarudin, & Suryani, L. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Sriwijaya Dinamika Perkasa di Surabaya. Jurnal Ekonomi Efektif.
Ngadin, S. M. (2022). Kepemimpinan Yang Efektif dalam Manajemen Pendidikan. Edu Leadership.
Nurjaya, Mukhtar, A., & Achsanuddin, N. (2020). Gaya Kepemimpinan dan Motivasi, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai. Balance Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Volume 2 .
Rosyid, A. (2017). Motivasi menjadi guru sekolah dasar dan hubungannya dengan prestasi belajar Mahasiswa PGSD. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD.
Sherlie, & Hikmah. (2020). Pengaruh Motivasi, Disiplin kerja, dan Kompensasi terhadap kinerja karyawan pada PT Benwin Indonesia di Kota Batam. Jurnal UM Palembang.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Octaviani, E., Erlina, R. R., & Jimad, H. (2022). The influence of servant leadership and motivation on employee performance with work satisfaction as mediating variable in PT. Jasa Raharja Employee. International Journal of Business and Management Invention.
Published
2023-02-06
How to Cite
Estika P. Sani, M. Rachman Mulyandi, & Vikky Winardi. (2023). Pengaruh Servant Leadership dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja dan Tenaga Pendidik SMA X Gading Serpong. Journal of Student Research, 1(2), 523-529. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1107