Minat Konsumen Membeli Produk Online Melalui Tik Tok Shop Ditinjau Dari Kepercayaan, Kualitas Dan Pengiriman Barang

  • Wiedy Rahmawati Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Nissa Gayuh K Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Amanda Yuniarta Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Zakina Eva C Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Esti Dwi Rahmawati Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Saryadi Universitas Duta Bangsa Surakarta

Abstrak

E-commerce telah menjadi saluran pemasaran masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kualitas dan pengiriman barang  terhadap minat konsumen membeli produk online melalui tik tok shop. Penelitian ini menggunakan penyebaran angket melalui google form. sampel diperoleh sebanyak 156 responden dengan cara accidental random sampling.  Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan kualitas produk terhadap minat beli di Tiktok shop. Untuk kepercayaan dan pengiriman barang menunjukkan hasil positif tetapi tidak signifikan terhadap minat beli di Tiktok shop.

Referensi

Amri Syukri, A. I. (2019). Minat Konsumen Membeli Produk Online Shop Ditinjau Dari Kepercayaan Konsumen. Jurnal Program Vokasi Ekonomi & Bisnis, 2(2), 26–34.
Ardyanto, D., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Pengaruh kemudahan dan kepercayaan menggunakan e-commerce terhadap keputusan pembelian online (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 22(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/0043-1354(82)90189-0
Prathama, F., & Sahetapy, L. (2019). Pengaruh kemudahan penggunaan aplikasi dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli ulang konsumen e-commerce lazada. Agora, Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8142
Putri, I. G. A. A., Darwini, S., & Dakwah, M. M. (2019). Pengaruh trust dan easy of use terhadap minat beli ulang pada marketplace shopee di kota mataram. JRM, 19(1), 20–32. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Resa, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), 1370–1379.
Romadlon, A., Marlien, R. A., & Widyasari, S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Niat Beli (Studi Pada Akun Instagram Kawaii Coklat). Proceeding Sendiu, 2016, 701–707.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Tusanputri, A. V., & Amron. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada platform e-commerce Tiktok shop. Journal FEB UNMUL, Vol 23(No 4), hlm. 632-639. https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMIPengaruh
Wicaksana, M. R. A., & Suryono Budi Santosa. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, dan persepsi harga terhadap minat beli ulang dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (Studi pada Pelanggan JNE di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 11(3), 1–14. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/12931
Diterbitkan
2023-02-09