Minat dan Motivasi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Dalam Mengikuti UKM Futsal Universitas Mercu Buana Yogyakarta

  • Melkiano Ivan Benedick Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Ardhika Falaahudin Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Febri Sulistiya Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: Minat, Motivasi, UKM Futsal

Abstract

Peneliti tentunya mempunyai tujuan tertentu dalam menyusun suatu bentuk penelitian yang dilakukan. Mengacu pada rumusan masalah yang telah dilakukan sebelumnya maka peneliti bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh hasil dari penelitian terhadap Minat dan Motivasi Mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan terhadap UKM Futsal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan metode survei dan teknik pengumpulan data menggunakan angket.  Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan yang mengikuti UKM Futsal yang berjumlah sebanyak 30 mahasiswa. Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dengan persentase.  Hasil penelitian dan pembahasan diketahui minat dan motivasi mahasiswa ilmu keolahragaan dalam mengikuti UKM   futsal  Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagian besar berkategori sedang dengan persentase sebesar 50 %, kategori tinggi sebesar 26,67 %, kategori rendah sebesar 13,33 %, kategori sangat rendah sebesar 6,67 % dan kategori sangat tinggi sebesar 3,33%. Hasil tersebut dapat disimpulkan sebagian besar minat dan motivasi mahasiswa ilmu keolahragaan dalam mengikuti UKM   futsal  Universitas Mercu Buana Yogyakarta adalah sedang.

References

Achwani, Muhammad. (2014). Peraturan Permainan Futsal 2014/2015 (Draft Terjemahan ke Bahasa Indonesia Untuk Asosiasi Futsal Indonesia). FIFA
Agustanico, Mulyadi. 2015. “Evaluasi Program Pembinaan Sepakbola Klub Persijap Jepara”. Jurnal Ilmiah PENJAS. Vol. 1 No. 2diakses pada tanggal 31 Desember 2022.
Armand, Bagas Praditya. 2018. “Kajian Program Pembinaan Futsal Bintang Timur Surabaya (BTS) U-20”. Jurnal Prestasi Olahraga. Vol. 1, No 3.
Aziz, Muhammad Thariq. 2013. Survei Keterampilan Bermain Futsal Peserta Ekstrakulikuler Futsal di SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul Skripsi. Jurusan Pendidikan Olahraga, UNY.
Budiwanto, Setyo. 2012. Metodologi Latihan Olahraga. Malang: UM Press.
Danny Mielke. (2007). “Dasar-dasar Sepakbola”. Bandung: Pakar Raya
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Hadi, Sutrisno. 1991. Metodologi research. Yogyakarta: Andi Offset.
Irawan¸ Andri. ”Teknik Dasar Modern Futsal”. Jakarta : Pena Pundi Aksara. (2009)
Jaya, Asmar. 2008. Futsal, Gaya Hidup, Peraturan dan tips-tips Permainan. Yogyakarta: Pustaka Timur
John D. Tenang. (2008). Mahir Bermain Futsal. Bandung: DAR Mizan.
Lhaksana, Justinus, 2011. Futsal: Taktik Dan Strategi Futsal Modern. Jakarta: Be Champion (Penebar Swadaya Group).
Murhananto, 2006. Dasar-Dasar Permainan Futsal. Jakarta:Kawan Pustaka.
Mutohir, Toho. Cholik dan Gusril. 2004. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Jakarta: Depdiknas.
Published
2023-02-10
How to Cite
Melkiano Ivan Benedick, Ardhika Falaahudin, & Febri Sulistiya. (2023). Minat dan Motivasi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Dalam Mengikuti UKM Futsal Universitas Mercu Buana Yogyakarta . Journal of Student Research, 1(3), 48-59. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1133