Efektifitas Program Csr “Community Involvement Development” Pada Telkomgroup

  • Mochamad Firmansyah Universitas Islam Indonesia, D.I Yogyakarta
  • Saifudin Mutaqi Universitas Islam Indonesia, D.I Yogyakarta
Keywords: CSR , TelkomGroup , CID

Abstract

CSR menjadi salah satu alternatif pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Melalui berbagai program yang ditawarkan perusahaan, masalah sosial masyarakat dapat teratasi terutama peningkatan ekonomi dan masalah pendidikan. Gagasan CSR menekankan bahwa tanggungjawab perusahaan bukan lagi mencari profit semata, melainkan juga tanggungjawab sosial dan lingkungan. CSR telah menjadi cara perusahaan untuk membangun citra positif perusahaan di mata masyarakat dan pemerintah, hal inilah juga yang dilakukan oleh TelkomGroup, melalui Program Community Involvement Development (CID). Melalui kegiatan CSR tersebut. Salah satu program yang di buat adalah pengembangan usaha mitra binaan UMK kepada masyarakat yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia sebagai upaya peningkatan perekonomian pada bidang usaha. TelkomGroup mengalami peningkatan keuntungan dibanding sebelum penerapan CSR. Dengan menjalankan CSR, TelkomGroup mampu meningkatkan penerimaan masyarakat sebagai perusahaan teknologi informasi di tengah era digitalisasi. Diharapkan di masa mendatang, dapat menjadi salah satu perusahaan yang dapat mensejahterakan masyarakat Indoensia secara keberlanjutan. Dengan meng-valuasi program CSR pada TelkomGroup, diharapkan mendapat informasi terkait keberhasilan program yang dibuat.

References

Ambadar, J. 2008. Corporate Social Responsi­ bility: dalam Praktek di Indonesia, Wujud Kepedulian Dunia Usaha. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Antara News. (2009, Mei 09). Sampoerna Siapkan “Bilik Mesra” untuk Pengungsi Mer- api. Retrieved July 01, 2016, from Antara News: http://www.antaranews.com/beri- ta/33364/sampoerna-siapkan-bilik-mes- ra-untuk- pengungsi-merapi
Bhatt, M. R. 2002. Corporate Social Responsi­ bility and Natural Disaster Reduction: Local Overview of Gujarat. London: Benfield Haz- ard Research Center of University College.
Harahap, M. E. (2014, Februari 04). Perkem­ bangan CSR di Indonesia. Dipetik May 18, 2016, dari Muchtar Effendi Harahap: http://muchtareffendiharahap.blogspot. co.id/2014/02/perkembangan-csr-di- in- donesia.html
Heal, G. 2005. Corporate Social Responsibili- ty: An Economic and Financial Framework. The Geneva Papers No. 30, 387­409.
Hidayatulloh, A. N. 2009. Skripsi. Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia: Fisipol UGM.
Hilman, A., & Keim, G. 2001. Shareholder Value, Stakeholder Management, and Social
Issues: What’s The Bottom Line”. Stategis Management Journal Vol. 22, 125-139.
Khodir, A. 2011. Menyingkap Selubung Ideolo- gi Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia : Analisa Teori Kritis terhadap Keberpihakan CSR di Indonesia. Skripsi. Surabaya, Jawa Timur, Indonesia : FISIPOL Universitas Airlangga .
Lens Indonesia. (2013, Mei 15). Sejarah dan Landasan CSR. Dipetik May 20, 2016, dari;http://gunnaharmyani.blogspot. co.id/2013/05/sejarah-dan-landasan-csr. html
Mapisangka, A. 2009. Implementasi CSR ter-
hadap Kesejahteraan Hidup Masyarakat. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan (JESP) Vol. 1 Nomor 1, 39-47.
Putri, C. Y. 2014. Proses Pencitraan Melalui Pro- gram Corporate Social Responsibility (CSR)
TelkomGroup, 2021. Laporan Keberlanjutan 2021, dari; Telkom |
Published
2023-02-19
How to Cite
Mochamad Firmansyah, & Saifudin Mutaqi. (2023). Efektifitas Program Csr “Community Involvement Development” Pada Telkomgroup. Journal of Student Research, 1(3), 115-130. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1156