Implementation of character education management for UINFAS students in UKM-KI activities

Authors

  • Tias Dwi Septianingrum University Bengkulu
  • Latifah Aprilia University Bengkulu
  • Riski Edo Saputra University Bengkulu
  • Ahmad Walid University Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1178

Keywords:

Pendidikan, Karakter, UKM-KI

Abstract

Pendidikan adalah proses belajar dimana peserta didik aktif mengembangkan potensinya . UINFAS Bengkulu merupakan perguruan tinggi islam yang memiliki mahasiswa dari latar belakang yang bermacam-macam. Karakter yang Dimiliki mahasiswa nya pun beragam. faktor terbentuknya karakter mahasiswa adalah keluarga, masyarakat, teman sebaya dan lingkungan disekitarnya. UKM-KI UINFAS adalah sebuah Lembaga organisasi didalam lingkup lingkungan kampus yang bergerak dalam bidang kerohanian islam. Dengan adanya organisasi ini diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai karakter Qur’ani dalam kehidupannya maupun lingkungan masyarakat. dengan adanya kegiatan yang ada di kampus dapat memberikan pengaruh terhadap mahasiswa dengan lingkungan sosialnya. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi kegiatan UKM-KI yang dapat membentuk karakter mahasiswa di UINFAS BENGKULU. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dan untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan jenis penelitian library research yaitu mengumpulkan karya tulis ilmiah yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. Adapun hasil penelitian mengenai implementasi karakter mahasiswa pada kegiatan UKM-KI. Dengan adanya implementasi yang dilakukan UKM-KI UINFAS Bengkulu yang melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi mahasiswa dapat membentuk karakter mahasiswa menjadi lebih baik.

References

Ardi, N. S. P., Sobri, A. Y. & Kusumaningrum, D. E. Manajemen Pembinaan Akhlak Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. J. Adm. dan Manaj. Pendidik. 2, 017–025 (2019).

Anisah. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. J. Pendidik. Univ. Garut 5, 70–84 (2011).

Ayun, Q. Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal 5, 102 (2017).

Andeka, A. et al. DAMPAK POSITIF POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN MORAL MAHASISWA. 1, 41–53 (2022).

Christinawati, Amalia, Y. S., Mustofa, H. R. B. & Pandin, M. G. R. Social character through poetry for children in rehabilitation. Talent Dev. Excell. 12, 1630–1640 (2020).

Farhani, D. Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. J. Isema Islam. Educ. Manag. 4, 209–220 (2019).

Fathurrohman, Pupuh dkk. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama, 2013.

Fua, J. La, Rahma, Nurlila, R. U. & Wekke, I. S. Strategy of Islamic Education in Developing Character Building of Environmental Students in Indonesia. IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci. 175, (2018).

Ginanjar, M. H. Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam 02, 376–396 (2013).

Gunawan, Heri. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hasanah, E. PERKEMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN TEORI KOHLBERG oleh Enung Hasanah. J. Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos. Indones. 6, 2615–7594 (2019).

Hasibuan, A. A. et al. No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Carbohydr. Polym. 8, 191–212 (2020).

IRVAN BAHARSYAH, A. & ADMOKO, S. Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Berbasis Pola Toulmins Argument Pattern (TAP) Menggunakan Model Argument Driven Inquiry dan Diskusi pada Pembelajaran Fisika SMA. IPF Inov.

Institut, D. I., Islam, A. & Iain, N. Pengelolaan ukm-ki sebagai pusat pendidikan islam dalam pembentukan karakter mahasiswa di institut agama islam negeri (iain) bengkulu.

Kusumandari, R. B. Character Education Model for Early Chilhood Based on E-Learning and Culture of Java. Indones. J. Early Child. Educ. Stud. 2, 20–28 (2013).

Masyhur, F. Penelitian e-Government di Indonesia: Studi Literatur Sistematis dari Perspektif Dimensi Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). J. IPTEKKOM J. Ilmu Pengetah. Teknol. Inf. 19, 51 (2017).

Mustoip, S. Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018. (2018).

Manurung, M. M. & Rahmadi, R. Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. JAS-PT J. Anal. Sist. Pendidik. Tinggi 1, 41 (2017).

Oktavian, I. R. & Hasanah, E. Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter. J. Inov. Dan Manaj. Pendidik. 1, 1 (2021).

Perdana, N. S. Character Education Model Based on Education in Islamic Boarding School. Edutech 14, 402 (2015).

Prasanti, D. & Fitrianti, D. R. Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini keluarga, Sekolah, Dan Komunitas 2, 15 (2018).

Syaodih, Sukmadinata, and Nana. 2009. Journal of Chemical Information and Modeling Pengembangan Kurikulum : Teori Dan Praktek.

Taufiqur Rahman, & Siti Masyarafatul Manna Wassalwa. (2019). Implementasi Manajemen
Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam
Indonesia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175

Wahyuni, I. W. & Putra, A. A. Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. J. Pendidik. Agama Islam Al-Thariqah 5, 30–37 (2020).

Wittmann, V. World society and globalization. J. Multicult. Educ. 8, 194–206 (2014).

Wening, M. H. & Hasanah, E. Counseling Service Management in Efforts to Help the Potential Development of High School Students. Randwick Int. Soc. Sci. J. 1, 579–589 (2020).

朝倉雅史. No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Carbohydrate Polymers vol. 6 (2019).

Zebua, A. M., Rifai Lubis, R., Ropiah Batubara, A., Kubawa Saragih, A. & Suhalimatussa’diah. Pembentukan Karakter Mahasiswa UINSU Medan Melalui Konsep Wahdatul Ulum. AL-MURABBI J. Stud. Kependidikan dan Keislam. 8, 39–48 (2022).

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Tias Dwi Septianingrum, Latifah Aprilia, Riski Edo Saputra, & Ahmad Walid. (2023). Implementation of character education management for UINFAS students in UKM-KI activities. Journal of Student Research, 1(3), 302–308. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1178