RANCANG BANGUN SISTEM PENCATATAN TRANSAKSI KEUANGAN BERBASIS WEBSITE PADA TOKO LATIFAH BUSANA PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON

  • Sumita Sumita Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (IKMI) Cirebon
  • Nana Suarna Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (IKMI) Cirebon
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Metode Waterfall, Pengelolaan, laporan, Keuangan.

Abstract

Toko Latifah Busana terletak di Desa Panguragan kulon, kecamatan panguragan, kabupaten Cirebon. Berdasarkan pada Observasi di Toko Latifah Busana masih menggunakan pencatatan dan transaksi secara manual yang menjadikan proses transaksi tidak efisien dalam pelayanan. rmasalahan pada sistem pencatatan transksi keuangan merupakan permasalahan yang ditemukan dan bisa  terjadi pada suatu  perusahaan dan usaha kecil menengah, Kesalahan pada saat menghitung maupun melakukan transaksi dapat memberikan kerugian bagi perusahaan. permasalahan yang muncul juga terjadi karena pembukuan yang tertumpuk seiring berjalannya waktu catatan pasti akan hilang dan mengakibatkan proses penyimpanan data tidak tertata dengan baik. Untuk membangun aplikasi pencatatan transaksi keuangan tersebut, Peneliti memperoleh data dengan menggunakan wawancara dan observasi. mekanisme yang digunakan  adalah  tahap  perancangan sistem. Dengan bahan pemograman menggunakan software sublime text sebagai aplikasi editor. dengan adanya metode Waterfall membantu pembuatan aplikasi pencatatan transaksi keuangan menjadi lebih akurat dan sistemtis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem pencatatan transaksi keuangan berbasis website pada toko latifah busana Panguragan, dan dapat membantu proses pencatatan, stok barang, dan laporan keuangan pada Toko Latifah Busana lebih efisien dan terkomputerisasi untuk kedepannya.

References

. N., Ibrahim, A., & Ambarita, A. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 3(1), 10. https://doi.org/10.36549/ijis.v3i1.37
Gunawan, R., Yusuf, A. M., & Nopitasari, L. (2021). Rancang Bangun Sistem Presensi Mahasiswa Dengan Menggunakan Qr Code Berbasis Android. 14(1), 47–58.
Juansyah, & Mayasari. (2020). Pegertian Sistem Rancang Bangun Satu Atap. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Politeknik Sekayu, 10(1), 20–28.
Kieso. (2013). Pengertian Akuntansi Keuangan. Pnyusunan LapPeoran Keuangan, 9–26.
Nasir, A., & Suhendi. (2018). JurNasir, A., & Suhendi. (2018). Jurnal Informatika Terpadu MODUL ACCOUNTING AND FINANCE ODOO 10 STUDI KASUS YAYASAN. Jurnal Informatika Terpadu, 4(1), 2.nal Informatika Terpadu MODUL ACCOUNTING AND FINANCE ODOO 10 STUDI KASUS YAYASAN. Jurnal Informatika Terpadu, 4(1), 2.
Putra, A. A., & Moenir, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Pada CV. Mitra Warnatama Dengan Metode Waterfall. OKTA: Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 1(06), 742–748.
Sumantri, R. B. B., Setiawan, W., & Triwibowo, D. N. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Media Jasa Desain Logo Dengan Metode Waterfall Berbasis Website. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntasi, 6(2), 157–163.
Sutanta, E. (2003). Sistem Informasi Manajemen. 1(1), xvi+320. http://grahailmu.co.id/
Published
2023-03-12
How to Cite
Sumita Sumita, & Nana Suarna. (2023). RANCANG BANGUN SISTEM PENCATATAN TRANSAKSI KEUANGAN BERBASIS WEBSITE PADA TOKO LATIFAH BUSANA PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON. Journal of Student Research, 1(3), 166-174. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1186