Bisnis Plan Usaha Cinlok Menggunakan Analisis Swot

  • Dwi Arismawati Universitas Tadulako
  • Faruq Lamusa Universitas Tadulako
  • Harnida Wahyuni Adda Universitas Tadulako

Abstrak

Usaha ini didirikan agar pelanggan yang menyukai makanan ringan makaroni dapat membelinya dalam berbagai rasa.  Selain itu, para penjual berkesempatan untuk mengasah ketajaman bisnisnya melalui usaha makaroni goreng ini agar bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Cinlok (Camilan Lokal) merupakan produk makanan berbahan dasar makaroni yang memiliki konsep lebih beragam dari kebanyakan produk makaroni lainnya karena memiliki tampilan yang menarik dan rasa yang banyak dan bervariasi dari makaroni lainnya yaitu rasa original, jagung bakar, jagung manis, balado,daun jeruk pedas, pedas keju, pedas manis dan extra pedas. Konsumen biasanya dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal untuk mencapai tindakan melakukan pembelian.  Salah satu faktor internal yang paling signifikan untuk membujuk pelanggan membeli adalah kualitas produk, sehingga pelaku bisnis harus memperhatikan faktor-faktor tersebut untuk membujuk pelanggan melakukan pembelian.  Sugesti atau pengaruh yang diterima dari orang lain berdasarkan pengalaman pribadinya sendiri dan pengalaman orang yang dikenalnya merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi minat konsumen untuk membeli suatu produk.

Referensi

Aji, N. B. (2018). Analisis swot daya saing sekolah: studi kasus di sebuah sma swasta di kota tangerang. Jurnal Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 10(1), 65–73.
Anissa & Shinta. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17, 58–70.
David, F. R. (2011). Strategic Management. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat
Heizer, J.& Render, B. (2006). Manajemen Operasi. Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat..
Kotler, Philip & Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Nuary, Nizar. & Sapta. (2016). Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Analisis SWOT pada PT. Super Sukses Motor Banjarmasin, Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Vol. 2, Maret, hal. 30-42.
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah kasus bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suryana. (2013). Ekonomi Keatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta: ANDI
Yunaida, E. (2017). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor Pos Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 688-699.
Diterbitkan
2023-03-27