Pengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Negeri 14 Binjai
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1254Keywords:
E-LKPD, Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan mendapatkan E-LKPD dengan menggunakan pendekatan matematika realistik yang valid, praktis, dan efektif sehingga meningkatkan kemampuan peserta didik dalam komunikasi matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi E-LKPD, tes kemampuan komunikasi matematis (pretest dan posttest), dan lembar validasi instrumen tes. Setelah instrumen dan E-LKPD dinyatakan valid oleh dosen validator ahli media dan juga ahli materi, kemudian dilanjutkan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Penjelasan temuan penelitian, yaitu: (1) E-LKPD dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan memenuhi persyaratan kevalidan dari validator dengan persentase rata-rata validasi E-LKPD pada ahli materi sebesar 3,64 dan ahli media sebesar 3,86 dengan kategori sangat layak (SL), (2) E-LKPD dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan memenuhi persyaratan kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa dan guru yang berada pada kategori rentang 76%-100% dan dikategorikan sangat praktis, (3) E-LKPD dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan yaitu (a) hasil belajar siswa memenuhi ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,63%, (b) rata-rata ketuntasan belajar individual sebesar 87,5 yang artinya telah tercapai indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran, (c) waktu pembelajaran menggunakan E-LKPD sama dengan waktu pembelajaran biasa, juga respon siswa positif, dan (d) kemampuan komunikasi siswa setelah mengaplikasikan E-LKPD mengalami peningkatan dari rata-rata nilai pretest sebesar 48,26 menjadi 87,5 pada rata-rata nilai posttest dan hasil analisis N-Gain memaparkan bahwa keterampilan pemecahan masalah matematis siswa mengalami kenaikan sebesar 0,78 dengan kategori tinggi.
References
Damanik, W. ., & Syahputra, E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Inspiratif, 4, 28–38.
Dewi, H. P., Fitri, E., & Minarti, E. D. (2018). Penerapan pendekatan matematika reallistik terhadap kemampuan pemecahan masalah. JPMI(Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 949–956.
Ernawati, Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Rusdin, … Nasruddin. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika (p. 98). p. 98. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Fitriani, D. P., Sari, J. F., & Akhsina, G. N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 3, 185–195.
Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika? Medan: Perdana Publishing.
Hodiyanto. (2017). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. AdMathEdu, 7(1), 9–18.
Indriani, S., Marhaeni, N. H., & Kurniati, R. (2022). Efektivitas Penggunaan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat dan Segitiga. 6, 3959–3966.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.
Jenanda, B. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Kekongruenan dan Kesebangunan Kelas IX-2 SMP N 1 Kec. Situjuah Limo Nagari. Skripsi, Batusangkar: Institut Agama Islam Negeri Batusangk.
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. . . (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan, 2, 170–177.
Meltzer, E. (2003). The relationship beetween Mathematics Preparation And Conseptual Learning Gains: A Possible “Hidden Variable” In Diagnostic Pretest Scores. Jurnal Department of Physics And Astronomy, Lowa State.
Parrot, M. A. S., & Leong, K. E. (2018). Impact of Using Graphing Calculator in Problem Solving. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 139–148.
Puspa, S., Riyadi, R., & Subanti, S. (2019). Profile of Mathematical Communication Skills Junior High School Students in Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 0–6.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI ERA INDUSTRI 4.0: Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zakiyah, S. D. Q. N., & Lisdiana, L. (2022). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 5E MATERI FUNGI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Bioedu, 11(2), 263–269.