Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1260Keywords:
Kemampuan Literasi Matematis, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Geogebra.Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah kemampuan literasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjek adalah 36 siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan. Pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra merupakan objek penelitian.. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus. Siklus pertama dan siklus kedua teridri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui tes awal, observasi, tes kemampuan literasi matematis I dan II dan dokumentasi. Perolehan skor rata-rata siswa pada tes kemampuan awal adalah 51,53 berada pada kriteria rendah dan presentase ketuntasan sebesar 30,56%. Namun meningkat setelah diberikannya tindakan pada siklus I. perolehan nilai rata-rata siswa adalah 69,18 berada pada kriteria baik dan presentase ketuntasan sebesar 61,11%. Telah terjadi peningkatan, tetapi penelitian ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga dilaksanakan siklus kedua. Perolehan nilai rata-rata siklus I adalah 79,40 berada pada kriteria baik dan presentase ketuntasan 88,89%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra diterapkan, kemampuan literasi matematis dan presentase ketuntasan mengalami peningkatan.
References
Abidin, Z. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya Menggunakan Cooperative Learning Tipe STAD di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Seberida Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(1):105-114
Amalia, R., Hardani., & Yusnia. (2018). Penerapan Problem Based Learning Yang Dipadukan Dengan Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Negeri 1 Langsa. Journal of Basic Education Studies. 1(1):15-25.
Anwar, N.T. (2018). Peran Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika abad-21. Prosiding seminar nasional matematika
Chotimah, C., & Fathurrohman, M. (2018). Paradigma Baru System Pembelajaran: dari Teori, Metode, Model, Media, hingga Evaluasi pembelajaran. Jakarta :Ar-Ruzz Media.
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajan dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1): 34-44.
Hutagaol, A., & Sopia, N. (2020). Kemampuan Literasi Matematika MahaSiswa Dalam Model Problem Based Learning Melalui Daring. VOX Edukasi Jurnal Ilmia Ilmu Pendidikan. 11(2) :86-96.
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1:140-144.
Maulida, et al. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1)
Maulidah Q. (2017). Kemampuan Spasial dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra, Tesisi. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.
Nabilah, F., & Wardono. (2021). Kemampuan literasi matematis dengan High Order hinking pada pembelajaran CIRC bernuansa SPUR berbantuan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4:200-207.
Ngalimun., Fauzani, H.M., Salabi, (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.
Oktaviani, W. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pab 9 Klambir V T.P 2019/2020. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Pamungkas, M.D., Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis Siswa. Jurnal penelitian pendidikan dan pengajaran matematika, 5(2) : 75-80.
Prihatmojo, A., Agustin, I.M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pengetahuan, 180-186.
Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1 : 381-387.
Ritonga, L.A., & Harahap, A. (2021). Analisis Literasi Media Matematika Menggunakan Software Geogebra Berdasarkan Motivasi Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal pendidikan Matematika, 5(2) : 1886-1892.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Ke-2. Jakarta : Rajawali Pers
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Rosdakarya.
Suryapuspitarini, B.K., Wardono, Kartono. (2018). Analisis soal-soal matematika tipe high order thinking skill (HOTS) pada kurikulum 2013 untuk mendukung kemampuan literasi Siswa. Prosiding Seminar nasional Mtematika, 1: 876-884.
Suryaprani, Made W., I N, Suparta, & I G P, Suharta .(2016). Hubungan Jenis Kelamin, Literasi Matematika, dan Disposisi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri Di Denpasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Tabun, H. M., Prida, N.L.T., Farida, D. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01) : 1-8
Utami, N., Sukestiyarno., & Hidayah, I. (2020). Pentingnya Kemampuan Literasi dalam menyelesaikan soal cerita kelas XII IPA 3. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3 : 626-633.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa, 7(1):51-62.