Pengukuran dan Evaluasi Potensi Bahaya Ergonomi Pada Pekerja DKRTH di Area ITS Raya

  • Alya Wahyu Rahma Dinanty
  • Firza Najahan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Alifia Ayu Miranti Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Haidar Natsir A Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Denny Oktavina Radianto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Abstrak

Pekerjaan membersihkan jalan memerlukan penilaian potensi bahaya ergonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi faktor bahaya ergonomi pada pekerjaan membersihkan jalan di Area ITS Raya dan menentukan potensi bahaya yang muncul dari pekerjaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu untuk mengetahui potensi bahaya pada pekerjaan membersihkan jalan dan memberikan rekomendasi untuk pengurangan risiko pada pekerjaan tersebut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor bahaya ergonomi yang dapat berdampak pada kesehatan pekerja diantaranya adalah postur tubuh yang tidak tepat, kelelahan otot, dan beban kerja yang berlebihan. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan kesadaran dan pengetahuan pekerja dalam menjalankan pekerjaan membersihkan jalan agar dapat mengurangi risiko bahaya ergonomi pada pekerjaan tersebut.

Referensi

[BSN] Badan Standarisasi Nasional. 2021. SNI 590/KEP/BSN/12/2021. Pengukuran dan Evaluasi Potensi Bahaya Ergonomi Di Tempat Kerja. Badan Standarisasi Nasional: Jakarta.
Abdillah, Fikri. "Analisis Postur Kerja dengan Metode Rapid Upper Limb Assesment (Rula) pada Pekerja Kuli Angkut Buah di “Agen Ridho Illahi” Pasar Johar Kota Semarang." Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, vol. 2, no. 1, 2013.
Aulia, R. (2019). ANALISIS RISIKO ERGONOMI TERHADAP KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA PEKERJA KONVEKSI DI KELURAHAN KEBON PEDES KOTA BOGOR TAHUN 2018. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ibn Khaldun, Bogor.
Faudy, Muhammad & Sukanta, Sukanta. (2022). Analisis Ergonomi Menggunakan Metode REBA Terhadap Postur Pekerja pada Bagian Penyortiran di Perusahaan Bata Ringan. Go-Integratif : Jurnal Teknik Sistem dan Industri. 3. 47-58. 10.35261/gijtsi.v3i01.6540.
Setiawan, Rendi, et al. "Hubungan Postur Kerja Tidak Alamiah dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (Msds) Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan." Journal Peqguruang, vol. 4, no. 1, 30 May. 2022, pp. 278-283, doi:10.35329/jp.v4i1.2904.
Sulaiman, Fahmi, and Yossi P. Sari. "Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengesahan Batu Akik dengan Menggunakan Metode Reba." Teknovasi, vol. 3, no. 1, Apr. 2016, pp. 16-25.
Tarwaka, P. S. (2004). ERGONOMI: Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Produktivitas. Surakarta - Indonesia: UNIBA PRESS.
Diterbitkan
2023-04-10