Penerapan Algoritma FP-Growth Untuk Menentukan Pola Penjualan Toko Ellia Umami

Authors

  • Lintang Mugi Lestari
  • Irfan Ali

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1267

Keywords:

Data Mining ,Algoritma FP-Growth ,Ellia Umami

Abstract

Toko ellia umami berupaya meningkatkan produksi produknya agar lebih banyak orang mengetahuinya, mirip dengan berapa banyak orang yang membeli dan menjual produk yang sama secara bersamaan. Toko Ellia Umami menjual berbagai macam barang, yang menimbulkan kemungkinan data tidak konsisten dan tidak dapat disamakan. Beberapa produk mungkin lebih populer dari yang lain, oleh karena itu toko ellia umami harus mengetahui aturan yang mengatur penjualan dan transaksi serta produk itu sendiri. Algoritma FP-Growth adalah satu-satunya algoritma penambangan data yang digunakan untuk memeriksa persyaratan transaksi data. Di toko ellia umami, FP-Growth dapat digunakan untuk menganalisis data transaksi pembelian produk dan mengidentifikasi transaksi yang tertunda.Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengimplementasikan algoritma FP-Growth untuk menginformasikan kepada toko ellia umami tentang rekomendasi produk dan layanan berdasarkan data dari transaksi yang melibatkan penjualan toko ellia umami. Berdasarkan hasil akhir, pola hubungan data dari toko ellia umami dengan tingkat minimum (support 0,1) dan (confiden 0,1) menunjukkan bahwa jika pelanggan membeli Libby M, pelanggan juga akan membeli Celpen dan anak.

References

Anugrah, B., Komputer, F. I., & Darma, U. B. (n.d.). PENERAPAN DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN. 190–197.
Ardianto, A., & Fitrianah, D. (n.d.). Penerapan Algoritma FP-Growth Rekomendasi Trend Penjualan ATK Pada CV . Fajar Sukses Abadi. https://doi.org/10.22441/incomtech.v9i1.3263
Arifin, R. N., Studi, P., Informatika, T., & Nuswantoro, U. D. (2020). IMPLEMENTASI ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH ( FP-GROWTH ) MENENTKAN ASOSIASI ANTAR PRODUK ( STUDY KASUS NADIAMART ).
Astrina, I., Arifin, M. Z., & Pujianto, U. (2019). Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen Pada Kain Tenun Medali Mas. 9(1), 32–40.
Fp-growth, M. A., Sihombing, L. K., Fatimah, U., & Sitorus, S. (2022). Implementasi Data Mining Dalam Menganalisa Pola Penjualan Roti. 1, 228–238.
Mamahit, N., & Qoiriah, A. (2019). Penerapan Algoritma Fp-Growth dan K-Means pada Data Transaksi Minimarket. 01, 78–83.
Setyorini, S. G., Adhiva, M. J., & Putri, S. A. (2020). Penerapan Algoritma FP-Growth dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen. 180–186.
Studi, P., Teknik, M., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2020). PENERAPAN ALGORITMA FP - GROWTH UNTUK PENENTUAN POLA PEMBELIAN TRANSAKSI PENJUALAN PADA TOKO KGS RIZKY MOTOR. 25(1), 20–28.
Tahir, M., & Sitompul, N. (2021). Penerapan Algoritma Fp-Growth Dalam Menentukan Kecenderungan Mahasiswa Mengambil Mata Kuliah Pilihan. Network Engineering Research Operation, 6(1), 59. https://doi.org/10.21107/nero.v6i1.216
Tarigan, F. R., Yanti, N., & Gaol, L. (2021). Implementasi Data Mining Menentukan Pola Penjualan Produk Toko Perabot Dua Bersaudara Kutalimbaru Dengan Menggunakan. 1(2), 115–129.
Wibowo, A. R., Jananto, A., Studi, P., Informasi, S., Informasi, F. T., & Stikubank, U. (2020). IMPLEMENTASI DATA MINING METODE ASOSIASI ALGORITMA FP-GROWTH PADA PERUSAHAAN RITEL. 10, 200–212.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Lintang Mugi Lestari, & Irfan Ali. (2023). Penerapan Algoritma FP-Growth Untuk Menentukan Pola Penjualan Toko Ellia Umami. Journal of Student Research, 1(3), 367–378. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1267