PERSPEKTIF ERA SOCIETY 5.0: APAKAH BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PESERTA DIDIK?

  • Denisa Panseria Azzuri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elsha Anjelina Lubis Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erlinda Alya Rasyid Universitas Pendidikan Indonesia
  • Galuh Oktianjani Sangaswari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rama wijaya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arief Rakhman Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Komunikasi interpersonal, peserta didik, lingkungan sosial, lingkungan keluarga, teknologi media sosial, penggunaan kosakata.

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan aspek penting dalam kehidupan sosial manusia, terutama bagi peserta didik yang sedang membangun jaringan sosialnya di lingkungan sekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik, dengan memfokuskan pada beberapa faktor yang memengaruhi perkembangan tersebut, seperti lingkungan sosial sekolah, lingkungan keluarga, dan teknologi media sosial. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif terhadap peserta didik SMA/sederajat. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang terdiri dari 8 item yang terkait dengan aspek pengaruh perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sosial yang kondusif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara interpersonal. Selain itu, teknologi seperti media sosial juga memengaruhi perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu banyak penggunaan teknologi dapat memengaruhi kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi secara langsung. Selain itu, perkembangan kognitif peserta didik juga memengaruhi perkembangan komunikasi interpersonal, dengan kemampuan memahami bahasa dan penggunaan kosakata yang lebih baik dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif.

References

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87-96
Endah, N., Eti Rohaeti, E., & Supriatna, E. (2021). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Margaasih Kabupaten Bandung. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(2), 121. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i2.6600
Husna, N. (2017). Dampak media sosial terhadap komunikasi interpersonal pustakawan di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Libria, 9(2), 183–196.
Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 202–210. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.744
Kurniawan, N. A., & Aiman, U. (2020, October). Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Kusumo, P., & Jatmika, D. (2020). Adiksi Internet Dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja. Psibernetika, 13(1), 20–31. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v13i1.2312
L. Hasanah, M. A. Putri, A. H. Hanin, & W. S. Siregar. (2022). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Bagi Peserta Didik. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 44–48.
Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32–37. https://doi.org/10.29210/140800
Mulyani, S. (2008). PERAWAT DENGAN PASIEN DI UNIT RAWAT INAP RSJD Dr . AMINO GONDOHUTOMO SEMARANG TAHUN TESIS mencapai derajat Sarjana S2 Program studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentrasi Administrasi Rumah Sakit Oleh. 1–134.
Poetry, D. M. D., & Sadida, N. (2019). Ketika Bermedia Sosial Mengganggu Komunikasi Interpersonal: Studi Korelasi pada Karyawan Generasi Y. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 10(01), 55-66.
Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., & Muhyar, Y. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888-4900.
Rahmania, N. Z., & Pamungkas, I. N. . (2019). KOMUNIKASI INTERPERSONAL KOMUNITAS ONLINE www.rumahtaaruf.com. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 51. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12032
Sugianto, A., & Cendriono, N. (2016). Menumbuhkan Karakter Melalui Budaya Literasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Literasi, Karakter, dan Kearifan Lokal. http://lppmstkipponorogo.ac.id/wp-content/uploads/2016/07/PROSIDING-SEMNAS-2016.compressed.pdf#page=184
Zuhara, E. (2015). Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi Vol 1.
Published
2023-04-26
How to Cite
Denisa Panseria Azzuri, Elsha Anjelina Lubis, Erlinda Alya Rasyid, Galuh Oktianjani Sangaswari, Rama wijaya, & Arief Rakhman. (2023). PERSPEKTIF ERA SOCIETY 5.0: APAKAH BERPENGARUH TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PESERTA DIDIK?. Journal of Student Research, 1(3), 99-108. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i3.1307