Metode Dakwah Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiyah Mujaddidiyah Kepada Jamaah Muda Di Kota Surabaya

  • Luluk Kholiqoh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Jamaah, Metode dakwah, Thoriqoh

Abstract

Kajian ini membahas tentang Metode Dakwah yang digunakan Yayasan Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiyah Mujaddidiyah kepada para jamaah. Karena seiring perkembangan Teknologi yang saat ini semakin canggih, semua bisa dimanjakan oleh teknologi, terkadang kebahagiaan juga bisa didapatkan melalui teknologi. Namun ternyata itu belum cukup, karena dengan pesatnya teknologi, media sosial terkadang dapat membuat dampak buruk jika salah menggunakannya. Selain itu pengguna juga belum mendapatkan ketenangan hati, ketentraman dalam dirinya karena spiritualitas yang kurang. Maka dari itu mereka butuh adanya perbaikan diri, akhlak, serta memperkuat keimanan. Dalam hal ini metode penyampaian pesan dakwah kepada generasi muda agar mudah diterima dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kajian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan tujuan untuk menjelaskan fenomena secara mendalam. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Metode Dakwah Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiyah Mujaddidiyah di kota Surabaya, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode dakwah yang diterapkan. Sumber data diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara terhadap da'i dan para jama'ah thoriqoh . Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa Metode Dakwah menggunakan tiga cara yakni 1. Metode ceramah 2. Metode Diskusi 3. Metode Konseling. Pengaruh dakwah thoriqoh ini yakni, jamaah muda-mudi banyak menghabiskan waktu di pondok, mengikuti kegiatan, dan dapat menerapkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Abdul Rahman Saleh, Psikologi Suatu pengantar Dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)
Syukir, Asmuni. 1983. Dasar-dasar Strategi Islam. Surabaya: Al Ikhlas.
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komuikasi, Surabaya: Kencana Prenada Media Group.
Joseph A. Devito. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Profesional Books.
Moh Ali Aziz. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Samsul Munir Amin. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.
Muriah, Siti. 2000. Metodologi Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Hadi, Sofyan. 2016. Ilmu Dakwah Dari Konsep, Paradigma Hingga Metodologi. Bumi Mangli Permai: Centre For Society Studies.
Saputra, Whidin. 2012. Pengantar Ilmu dakwah. Jakarta: Raja Gafindo Persada.
“Strategi Thoriqoh Naqsyabandiyah Dalam Pengembangan Dakwah Di Desa Rantau Panjang Kiri Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir”, Jurnal Idarotuna, Vol. 1. No. 1, 2018.
Published
2023-05-04
How to Cite
Luluk Kholiqoh. (2023). Metode Dakwah Thoriqoh Naqsyabandiyah Kholidiyah Mujaddidiyah Kepada Jamaah Muda Di Kota Surabaya. Journal of Student Research, 1(4), 36-49. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1354