Perceraian Akibat Perselingkuhan Oleh Suami Dan Penanganannya (Studi Kasus di Kabupaten Pringsewu)

  • Zainudin Hasan Zainudin Hasan
  • Kristina Safitri Universitas Bandar Lampung
  • Zulva Ica Universitas Bandar Lampung
  • Renia Pragusta Putri Universitas Bandar Lampung
Keywords: Perselingkuhan, Perceraian, suami, Penangannya

Abstract

Masalah utama yang sering muncul dalam proses perceraian adalah perceraian karena perselingkuhan. Terus meningkatnya fenomena perceraian setiap bulannya dan tidak henti-hentinya berita mengenai perceraian sering terdapat di media. Perceraian sebagai fenomena saat ini dikarenakan terdapat perselingkuhan dari pasangannya. Perselingkuhan biasanya sering terjadi dalam anggota keluarga yang kurang mempunyai kualitas agama yang baik, dasar cinta yang lemah, kurang lancarnya komunikasi dan kurang harmonis, perilaku egois dari masing-masing, emosinya yang kurang stabil, dan kurang mampu menyesuaikan diri. Metode penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengumpulkan data penelitian menggunakan teknik wawancara. Hasil diskusi menunjukkan bahwa permasalahan perselingkuhan dalam perkawinan adalah perselingkuhan bisa menjadi sumber stres yang besar. Ketidakmampuan pasangan dalam beradaptasi dan menyelesaikan permasalahan dengan efektif bisa menimbulkan konflik yang berkepanjangan. Upaya mengatasi perselingkuhan antara lain komunikasi yang baik antar pasangan, saling menunaikan tanggung jawab, saling mendukung dan menjaga.

References

Al Mansur, M., Saim, S., & Riyaldi, R. (2021). Perceraian akibat perselingkuhan suami dan upaya penanganannya di KUA Kecamatan Rupat. TAHKIM, 17(1), 62-82.
Ash-Shabuni, Muhammad Ali. 2016. Tafsir Ayat-Ayat Ahkam. Depok: Kairo. Daly, M., & Wilson, 1988. Evolutionary Social Psychology and Family Homicide Science.
Asriana, Widya, “Kecemburuan pada Laki-laki dan Perempuan dalam Menghadapi Perselingkuhan Pasangan Melalui Media Internet”, Jurnal Psikologi. Volume 1 Nomor 1.
Hamid, H. (2018). Perceraian dan Penanganannya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 4(3), 24-29.
Muhajarah, K. (2017). Perselingkuhan suami terhadap istri dan upaya penanganannya. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 23-40.
Sabiq, Sayyid, Fiqh al-Sunnah, Kairo: Maktabah Dâr al-Turas, 197
Published
2023-05-04
How to Cite
Zainudin Hasan, Kristina Safitri, Zulva Ica, & Renia Pragusta Putri. (2023). Perceraian Akibat Perselingkuhan Oleh Suami Dan Penanganannya (Studi Kasus di Kabupaten Pringsewu). Journal of Student Research, 1(4), 67-80. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1362