Pemanfaatan Loofah (Gambas) Sebagai Campuran Sabun Cuci Tangan

  • Aisyah Diva Syaira Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Ardine Putri Rabbhani MS Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Dewi Rizqi Maimunah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Samuel Lopok Pandapotan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Viandra Trisna Syahputra Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Denny Oktavina Radianto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Keywords: Antioksidan, Loofah, Sabun cuci tangan.

Abstract

Sabun merupakan produk kimia yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, dalam masa pandemi salah satu jenis sabun yaitu sabun cuci tangan menjadi produk yang banyak dicari sehingga tidak sedikit yang berkreasi membuat sabun herbal. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk memanfaatkan Loofah atau Gambas sebagai campuran dalam pembuatan sabun cuci tangan. Penelitian yang dipilih adalah deskriptif analisis dengan pemanfaatan Loofah sebagai objek penelitiannya. Dalam penelitian ditemukan jika untuk menjaga kualitas sabun dari reaksi oksidasi diperlukan bahan antioksidan yang merupakan salah satu senyawa yang terdapat dalam Loofah atau yang lebih sering disebut dengan Gambas.

 

References

Zulkifli, M., & Estiasih, T. (2014). sabun dari distilat asam lemak minyak sawit: kajian pustaka [In Press Oktober 2014]. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 2(4), 170-177.
Sinanto, R. A., & Djannah, S. N. (2020). Efektivitas Cuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Upaya Pencegahan Infeksi: Tinjauan Literatur. Jurnal Kesehata Karya Husada, 8(2), 96-111.
Suharyanto, S., & Hayati, T. N. (2021). Penetapan Kadar Flavonoid Total Ekstrak Buah Gambas (Luffa acutangula (L.) Roxb.) dengan Metode Spektrofotometri UV-Vis. Pharmacon: Jurnal Farmasi Indonesia, 18(1), 82-88.
Sari, F., Fitriyano, G., Syamsudin, A. B., Redjeki, A. S., & Hadikusuma, H. (2022). Pengaruh pH dan Waktu Terhadap Adsorpsi Logam Timbal (PB) Dengan Arang Aktif Dari Gambas (Luffa acutangula) Atau Oyong Kering. JURNAL KONVERSI, 11(1), 8.
Published
2023-05-13
How to Cite
Aisyah Diva Syaira, Ardine Putri Rabbhani MS, Dewi Rizqi Maimunah, Samuel Lopok Pandapotan, Viandra Trisna Syahputra, & Denny Oktavina Radianto. (2023). Pemanfaatan Loofah (Gambas) Sebagai Campuran Sabun Cuci Tangan. Journal of Student Research, 1(4), 81-89. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1407