Analisis Limbah Serat Pelepah Pisang untuk dijadikan Bahan Pendukung Komposit Fiber Terhadap Uji Tarik

  • Amelia Fiatul Izah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Angelia Wangi Sekarintyas Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Danang Hadi Suhadak Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Vannisa Ayu Marcellia Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Denny Oktavina Radianto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Abstrak

Perkembangan zaman semakin pesat, tak hanya pada bidang teknologi namun juga pada bidang industri. Dengan adanya perkembangan industri hal ini menyebabkan kebutuhan akan material semakin meningkat terutama untuk sebuah produk. Sekarang ini salah satu material yang banyak dikembangkan adalah komposit, komposit adalah gabungan dari dua bahan atau lebih komponen yang berlainan dan mempunyai sifat yang berbeda. Komposit terdiri dari dua bagian, yaitu matrik sebagai pengikat atau pelindung komposit dan filler sebagai pengisi

komposit. Serat alam merupakan alternatif filler komposit untuk berbagai komposit polimer karena keunggulannya dibanding serat sintetis. Pohon pisang adalah tanaman paling banyak dijumpai dan tumbuh subur di Indonesia. Pelepah pisang jika diolah kembali akan menjadi serat dengan kekuatan yang tinggi dan daya serapnya lebih bagus sehingga sangat baik jika digunakan sebagai bahan penguat pada komposit. Penelitian ini dilakuan menggunakan metode penelitian yang memiliki sifat percobaan (experimental) dengan tujuan untuk menguji sifat mekanik komposit.

 

Referensi

Arsyad,M & Salam, A. 2017. Analisis Pengaruh Konsentrasi Larutan Alkali Terhadap Perubahan Diameter Serat Sabut Kelapa. INTEK J. Penelit. 4 (1): 10-13
Asroni, A., & Handono, S. D. (2018). Kaji Eksperimen Variasi Jenis Serat Batang Pisang Untuk Bahan Komposit Terhadap Kekuatan Mekanik. J Teknik Mesin Univ. Muhammaddiyah Metro, 7(2), 214-21.
Endriatno, N. (2015) ‘Analisa Pengaruh Variasi Fraksi Volume Terhadap Densitas Dan Kekuatan Tarik Serat Pelepah Pisang – Epoksi’, Dinamika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin. 6 (2).
Habibie, A. M. A., & Widodo, A. B. (2022). Pemanfaatan Limbah Serat dari Pelepah Pisang sebagai Inovasi Bahan Komposit Laminasi Kapal Kayu. Jurnal Jaring SainTek, 4(1), 1-8.
Jaya, D., Putri, R., & Nack, H. (2019, April). Pemanfaatan Serat Pelepah Pisang sebagai Bahan Komposit. In Seminar Nasional Teknik Kimia Kejuangan (p. 5).
Kroschwitz J L., Grestle, 1987, Encyclopedie of Polymer Science anf Engineering, 2nd ed. John
Wiley and Sons Inc.,New York.
Kunarto, K., & Ernawan, E. (2018). SERAT PELEPAH PISANG DAN ECENG GONDOK SEBAGAI PENGUAT KOMPOSIT DENGAN VARIASI ARAH SERAT TERHADAP UJI TARIK DAN BENDING. JURNAL TEKNIK MESIN, 5(2).
Ojahan, T., & Cahyono, T. (2015). Analisis Serat Pelepah Batang Pisang Kepok Material Fiber Komposit Matriks Recycled Polypropylene (RPP) Terhadap Sifat Mekanik dan SEM. Mechanical, 6(2).
Sari, N. H., Sinarep, T. A., & Yudhyadi, I. G. N. K. (2011). Ketahanan Bending Komposit Hybrid Serat Batang Kelapa/Serat Gelas Dengan Matrik Urea Formaldehyde. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 5(1).
Yanhar, M. R., & Siagian, P. (2023). Pengujian Kekuatan Tarik Komposit Serat Kayu Mahoni Tanpa Pengaruh Alkali. SPROCKET JOURNAL OF MECHANICAL ENGINEERING, 4(2), 86-90.
Diterbitkan
2023-05-24