ANALISA TRANSAKSI E- BANKING DAN E-COMMERCE TERHADAP TINGKAT PERTUMBUHAN EKONOMI

Authors

  • Puput Ayu Widiningrum UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, Indonesia
  • Alfaldy Ektyas Putra UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, Indonesia
  • Agus Eko Sujianto UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, Indonesia
  • Septiana Sari FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1462

Keywords:

TRANSAKSI E- BANKING, E-COMMERCE

Abstract

Seiring berkembangnya waktu serta kemajuan teknologi yang semakin digitalisasi kini telah menghadirkan sebuah ekonomi digital yang bisa ditandai sebagai perkembangan yang sangat baik didunia bisnis maupun perdagangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisa apa itu transaksi E-banking dan transaksi E-commerce, pertumbuhan E-banking dan E-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi, dan hubungan E-banking dengan E-commerce dalam pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan  deskriptif yang mana mengetahui apa yang terkandung dalam E-banking dan E-commerce di dalam pertumbuhan ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukan sebuah fenomena atau pembahasan variabel e-banking dan e-commerce pada pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, perlu tingkatkan lagi baik dari sisi pemerintah maupun masyarakat agar e-banking dan e-commerce tetap berkembang pesat dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

References

Nabila, hesya nungki. “Analisis Pengaruh Ekkonomi Digital Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Tahun 2017-2021.” הארץ, no. 8.5.2017 (2022): 2003–5.
Ikatan Bankir Indonesia(IBI), Memahami Spervise Audit Intern Bank, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2016).
Otoritas Jasa Keuangan, Bijak Ber-Elektronik Banking, (Jakarta: OJK, 2015), h. 5.

Taufik Hidayat, Buku Pintar Investasi Syariah, (Jakarta: PT Trans Media, 2011)

M. Yusuf S. Barusman, “Pemanfaatan E-Banking Dalam Industri Perbankan Ditinjau Dari Structure Re-Conduct-Performance Paradigm Di Indonesia”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 1, No. 1, 2010, hlm 2.

Lestari, Ani dan Edy Yulianto. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Survei Pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl. S. Hatta B3 Kav. A, Kota Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 54, No. 1. (hlm. 79).
Desmira, Aribowo, D., & Pratama, R. 2018. Penerapan Sensor pH Pada Area Elektrolizer Di PT Sulfindo Adiusaha. Jurnal PROSISKO, 5(1), 2406–7733
Kimianti, Febyarni, dan Zuhdan Kun Prasetyo. 2019. "Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa". Jurnal Kwangsan, Volume 7, Nomor 2, (hlm.91- 103).
Taufik Hidayat, Buku Pintar Investasi Syariah, (Jakarta: PT Trans Media, 2011)
Bancin, Intan Wulan Dari, and Nurul Jannah. “Analisis Minat Nasabah Pada Penggunaan Aplikasi BSI Mobile Dalam Pembayaran E-Commerce: Studi Kasus Pada Mahasiswa UINSU.” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM) 2, no. 2 (2022): 1487–99.
Direktorat Penelitan dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia.2002.Internet Banking di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan
Aryani Witasari dan Aris Setiono, “Perlindungan Hukum Pengguna Jasa Elektronic Banking (E-Banking) di Tinjau Dari Perspektif Hukum Pidana di Indonesia”, Jurnal Pembaharuan Hukum, Volume II, No. 1, 2015.Hlm 129
Alfatihah,Pradivta dan B.Sundari. 2021. Pengaruh Transaksi Perbankan Elektronik (Electronic Banking) Terhadap Kinera Keuangan Entitas Publik Perbankan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Volume 26 No. 1
Afifudin dan Beni Ahmad Saebani, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Pustaka Setia, 2012), hlm 87
Mariati, W. (2020). Analisis layanan e-banking dalam meningkatkan frekuensi bertransaksi nasabah: studi pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Mataram (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Eduardus Tandelilin. (2010). No Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi (Edisi Pert). Yogyakarta: Kanisius.
Kenneth C. Laudon dan Carol G.Traver. (2016). E - commerce. business. technology. society. (12th Edition). Pearson Education Limited.
Ani Lestari, Edy Yulianto. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi”. Jurnal Fakultas Ilmu Adinistrasi Universitas Brawijaya Malang

Published

2023-05-26

How to Cite

Puput Ayu Widiningrum, Alfaldy Ektyas Putra, Agus Eko Sujianto, & Septiana Sari. (2023). ANALISA TRANSAKSI E- BANKING DAN E-COMMERCE TERHADAP TINGKAT PERTUMBUHAN EKONOMI . Journal of Student Research, 1(4), 147–158. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1462