Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Menentukan Pola Penjualan Pada Toko Sheryl Cosmetic Dan Titanium Collection

  • Ayunda Fitriyana STIMIK IKMI Cirebon
  • Irfan Ali STIMIK IKMI Cirebon
Keywords: Algoritma FP-Growth, Penjualan, Skincare

Abstract

Skincare saat ini adalah barang yang sangat digemari oleh para remaja tidak hanya perempuan adapun laki-laki juga memakainya, dengan berbagai macam merk yang banyak sekali manfaat dan kandungan dari berbagai macam skincare. Toko Sheryl Cosmetic dan Titanium Collection sebuah toko online dan offline yang bergerak dibidang penjualan skincare dll. Dalam Bisnisnya ini aturan transaksi penjualan nya sangat tidak stabil dan tidak efektif. Agar aturan asosiasi menjadi lebih efektif dan efisien maka dilakukanlah analisis suatu transaksi penjualan karena analisis transaksi ini bertujuan untuk merancang strategi yang efektif untuk dengan cara memanfaatkann data transaksi penjualan produk skincare mana saja yang dibeli oleh konsumen. Toko Sheryl Cosmetic dan Titanium Collection dapat mengidentifikasi pembelian pola-pola yang paling sering terjadi di setiap toko dengan menggunakan algoritma FP-Growth. Informasi seperti ini dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas manajemen persediaan dan strategi pemasaran, serta memungkinkan toko untuk memberikan rekomendasi pembelian yang lebih disesuaikan dan efektif kepada pelanggan.

References

(Goni et al., 2020) PENERAPAN FP GROWTH DALAM PENJULAN PERLENGKAN IBADAH UMAT MUSLIM
(Ndruru et al., 2022) PENERAPAN METODE FP-GROWTH UNTUK PENJUALAN PRODUK SENI UKIR PADA BUULO GALERY
(Hutasuhut et al., 1963) DATA MINING UNTUK MENGANALISA POLA PENJUALAN PESTISIDA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH
(Pratama et al., 2022) PERBANDINGAN ALGORITMA C4.5 DAN NAVEIS BAYES DALAM MENENTUKAN PERSEDIAAN STOK
(Setyo & Wardhana, 2019) IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK DI CV CAHAYA SETYA MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH
(Anugrah, 2021) PENERAPAM DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN PADA INDOVAPING PALEMBANG
(TEMA 11, 2018) PREDIKSI PENJUALAN PRODUK ROTI MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 PADA PT. PRIMA TOP BOGA
(Prasetyo et al., 2021) PENERAPAN APLIKASI RAPIDMINER UNTUK PREDIKSI NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP US DOLLAR DENGAN METODE REGRESI LINEAR
(Harman, 2020) PENERAPAN DATA MINING UNTUK PREDIKSI PENJUALAN READYMIX MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA C4.5 PADA PT. REMICON WIDYAPRIMA
(Sihombing et al., 2022) IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM MENGANALISA POLA PENJUALAN ROTI MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH
Artikel Jurnal
Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164.
Risdwiyanto, A. & Kurniyati, Y. (2015). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta Berbasis Rangsangan Pemasaran. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(1), 1-23. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i1.142.
Bator, R. J., Bryan, A. D., & Schultz, P. W. (2011). Who Gives a Hoot?: Intercept Surveys of Litterers and Disposers. Environment and Behavior, 43(3), 295–315. https://doi.org/10.1177/0013916509356884.
Artikel Prosiding
Norsyaheera, A.W., Lailatul, F.A.H., Shahid, S.A.M., & Maon, S.N. (2016). The Relationship Between Marketing Mix and Customer Loyalty in Hijab Industry: The Mediating Effect of Customer Satisfaction. In Procedia Economics and Finance (Vol. 37, pp. 366–371). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30138-1.
Working Paper
Armand, F. (2003). Social Marketing Models for Product-Based Reproductive Health Programs: A Comparative Analysis. Occasional Paper Series. Washington, DC. Retrieved from www.cmsproject.com.
Disertasi/Tesis/Paper Kerja
Belair, A. R. (2003). Shopping for Your Self: When Marketing becomes a Social Problem. Dissertation. Concordia University, Montreal, Quebec, Canada.
Lindawati (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Usahatani Terpadu Padi-Sapi di Provinsi Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor. Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/ handle/123456789/85350.

Buku Teks
Kotler, P., & Lee, N. R. (2009). Up and Out of Poverty: The Social Marketing Solution. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Laporan Instansi/Lembaga/Organisasi/Perusahaan
LPPSP. (2016). Statistik Indonesia 2016. Badan Pusat Statistik, 676. Jakarta. Diakses dari https://www.LPPSP.go.id/index.php/publikasi/326.
Artikel Surat Kabar/Majalah
Risdwiyanto, A. (2016). Tas Kresek Berbayar, Ubah Perilaku Belanja? Kedaulatan Rakyat, 22 Februari, 12.
Sumber Dari Internet Dengan Nama Penulis
Chain, P. (1997). Same or Different?: A Comparison of the Beliefs Australian and Chinese University Students Hold about Learning’s Proceedings of AARE Conference. Swinburne University. Available at: http://www. swin.edu.au/aare/ 97pap/CHAN97058.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.
Sumber dari internet tanpa nama penulis (tuliskan nama organisasi/perusahaan)
StatSoft, Inc. (1997). Electronic Statistic Textbook. Tulsa OK., StatSoft Online. Available at: http://www.statsoft.com/textbook/stathome.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.
Published
2023-06-03
How to Cite
Ayunda Fitriyana, & Irfan Ali. (2023). Penerapan Algoritma Fp-Growth Untuk Menentukan Pola Penjualan Pada Toko Sheryl Cosmetic Dan Titanium Collection. Journal of Student Research, 1(4), 168-183. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1483