Pengendalian Kualitas Produksi Bandeng Vacuum Spesial PT.Bandeng Juwana Pada Proses Packaging Menggunakan Metode Six Sigma
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1530Keywords:
six sigma, goodcalculators.com, FMEA, AHP, expert choiceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan upaya efisiensi pada proses pengemasan produk bandeng vacuum spesial di PT Bandeng Juwana menggunakan metode six sigma menggunakan indikator nilai sigma dan DPMO (defect per million opportunity). Penelitian ini menggunakan Ishikawa diagram, FMEA (failure mode & effect analysis), & AHP (analytical hierarchy process). Terdapat 7 jenis defect yang teridentifikasi yaitu defect loss vacuum, patah anatomi, kelunakan, size, daging rontok, dan over fat. Berdasarkan prinsip pareto defect loss vacuum dan patah anatomi dipilih untuk dilakukan improvement dengan jumlah defect 88,04% dari total defect. Berdasarkan hasil penilaian FMEA, RPN terbesar yaitu tidak ada standar jarak sealer RPN 42 dan SOP pengerjaan ikan lengket pada kertas alas RPN 90. Alternatif solusi yang dipilih menggunakan metode AHP yaitu membuat SOP pengerjaan ikan lengket pada kertas alas. Jika alternatif solusi diterapkan maka terdapat peningkatan nilai sigma dari 3,7 menjadi 3,82, dan penurunan nilai DPMO dari 13.588,96 menjadi 10.066,81.
References
Budi, D. S. (2015). Penerapan Metode Six Sigma Untuk Mengurangi Cacat Dan Mengukur Ketercapaian Key Performance Indicator (KPI) Di PT X.
Brue, G. (2005). Six Sigma for Managers. PT Global Media Edukasi.
Gaspersz, V. (2002). Pedoman Implementasi Program Six Sigma; Terintergrasi Dengan ISO 9001:2000, MBNQA, dan HACCP. PT Gramedia Pustaka Utama.
Gasperz, V. (2005). Total Quality Management. PT Gramedia Pustaka Utama.
Heizer, J., & Render, B. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (11th ed.). Salemba Empat.
Pyzdek, T., & Keller, P. (2010). The Six Sigma Handbook (Fourth).
Saaty, T. L. (1993). Decision Making for Leader: The Analytical Hierarchy Process for Decisiion in Complex World. Prentice Hall Coy.
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano. Indeks.
Yamit, Z. (2010). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonesia.