Pengembangan Buku Digital Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 27 Medan

  • Zahrah Fathinnisa Putri Putri Universitas Negeri Medan
Keywords: Buku digital, Contextual Teaching and Learning, kemampuan pemecahan masalah matematis, perbandingan senilai.

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku digital yang valid, praktis dan efektif, serta mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan buku digital berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi perbandingan senilai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi materi dan media buku digital, lembar validasi RPP, lembar validasi angket respon siswa dan guru, lembar validasi tes pretest dan posttest, angket respon siswa dan guru, tes pretest, dan tes posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMPN 27 Medan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) cara mengembangkan buku digital yang valid, praktis, dan efektif dilakukan dengan tahapan ADDIE, dimulai dari penganalisisan karakteristik dan kebutuhan sehingga diperoleh solusi, setelah itu buku digital berbasis Contextual Teaching and Learning akan dirancang dan dibuat serta divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media. Setelah itu, dilakukan uji keterbacaan serta menerapkan buku digital selama 3 pertemuan. Buku digital yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif, (2) Presentase peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada indikator 1 meningkat sebesar 25,93%, pada indikator 2 sebesar 16,11%, pada indikator 3 sebesar 39,63%, dan pada indikator 4 sebesar 57,77%. Serta rata-rata nilai N-gain siswa sebesar 0,704 artinya berada pada kategori tinggi.

References

Layali, N., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2): 137-144.
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A. & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN dengan Menggunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 178-186.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 166-175.
OECD. (2019). Pisa 2018 Results (Volume i): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Padmini, K., & Tyagita, B. (2015). Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (h. 59-66). Surakarta: Program Studi S-2 Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret.
Putra, H., Thahiram, N., Ganati, M. & Nuryana, D. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2): 82-90.
Sutama. (2013). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Sekolah Standar Nasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1): 1-15.
Published
2023-08-09
How to Cite
Putri, Z. F. P. (2023). Pengembangan Buku Digital Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 27 Medan. Journal of Student Research, 1(5), 1-13. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1535