Motivasi Pedagang Pasar Sabtu Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa Lambur 1 Muara Sabak Timur Ekonomi Syariah

  • Habriyanto UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahmad Syukron Prasaja UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Nita Andriani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Motivasi, Pedagang, Ekonomi Syariah

Abstract

Motivasi adalah daya dalam diri seseorang yang mendorong untuk melakukan sesuatu, atau keadaan seseorang atau organisasi yang menyebabkan kesiapannya untuk memulai serangkaian tingkah laku atau perbuatan. Motivasi adalah kekuatan yang muncul baik dari dalam diri maupun dari luar yang dapat mendorong seseorang untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya. Motivasi yang diajarkan oleh Islam adalah semangat untuk beribadah yang kuat, bekerja keras untuk mencari ridho Allah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Motivasi pedagang Pasar Sabtu Desa Lambur 1 Kecamatan Muara Sabak Timur dalam meningkatkan pendapatan menurut Ekonomi Syariah, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan para pedagang termotivasi berdagang di Pasar Sabtu Desa Lambur 1 Kecamatan Muara Sabak Timur. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi.  Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini ialah terdapat beberapa motivasi pedagang dalam meningkatkan pendapatan pasar di pasar sabtu Desa Lambur 1 yaitu diantaranya adalah, bekerja keras atau dorongan, memenuhi kebutuhan hidup, lingkungan kerja yang menyenangkan, dan tingkat harapan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang termotivasi dalam berjualan di pasar sabtu desa lambur satu ialah antara lain, modal usaha, kondisi pasar, dan lama usaha.

References

Artikel Jurnal (satu, dua, atau lebih dari dua penulis)
FX. Suwarto, “Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Pada Koperasi Pedagang Kakilima Yogyakarta,”: Jurnal Manajemen, no. 02 (Juni 2016)
Baidowi Aris, “Etika Bisnis Perspektif Islam”, Jurnal Hukum Islam, Vol. 9, No. 2, IAIN Pekalongan, (Desember 2018)


Buku Teks
Al-Qur’an dan Terjemahannya, Mushaf Al-Qur’an, (Pustaka Alajnah, 2019)
Ali Hasan, Manajemen Bisnis Syari’ah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)
Janus Sidabalok,”Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia,”: (Bandung, 2006)
Published
2023-06-11
How to Cite
Habriyanto, Ahmad Syukron Prasaja, & Nita Andriani. (2023). Motivasi Pedagang Pasar Sabtu Dalam Meningkatkan Pendapatan Desa Lambur 1 Muara Sabak Timur Ekonomi Syariah. Journal of Student Research, 1(4), 290-298. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1543