Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan E-Money Pada Mahasiswa Uin Sts Jambi
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1544Keywords:
Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Religiusitas, Keputusan PembelianAbstract
Dalam beberapa tahun terakhir ini perkembangan sistem pembayaran yang berbasis teknologi telah mengubah secara signifikan arsitektur sistem pembayaran konvensional yang mengandalkan fisik uang sebagai instrumen pembayaran meski fisik uang sampai saat ini masih banyak digunakan masyarakat dunia sebagai alat pembayaran namun sejalan dengan perkembangan teknologi sistem pembayaran yang pesat pola pembayaran tunai atau cash secara berangsur beralih menuju pembayaran non tunai. Salah satu produk keuangan digital tersebut adalah uang elektronik (e-money).[1] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan, persepsi manfaat dan religiusitas terhadap keputusan pembelian menggunakana e-money. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 267 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan alat hitung spss versi 22. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t (parsial) dan uji f (simultan) didapatkan sebuah jawaban bahwa variabel kepercayaan, persepsi manfaat, dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan e-money dengan hasil tersebut sekaligus menjawab tujuan dari penelitian.
References
Rifqy Tazkiyyaturrohmah, “Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern,” Muslim Heritage 3, no. 1 (June 2, 2018):
Buku
Agus M Hardjana, Religiositas Agama Dan Spritualitas (Yogyakarta: Kanisiius, 2005).
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, (Yogyakarta: Andi Offset, 2008).
Husein, Umar, Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen (Jakarta: Gramedia, 2015).
Imam Suprayoga and Toboroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003).
Jogiyanto, Sistem Informasi Keperilakuan (Yogyakarta: Andi, 2019).
Kevin Lane Keller dan Phillip Kotler, Manajemen Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 2012).
Kevin Lane Keller dan Phillip Kotler, Manajemen Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 2016).
Peter dan Olson, Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, 9th ed. (Jakarta: Salemba Empat, 2013).
Rifqi Suprapto dan M. Zaky Wahyuddin Azizi, Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Ponorogo: Myria Publisher, 2020)
R Maulana Ibrahim, Paper Seminar International Toward A Less Cash Society in Indonesia (Jakarta: Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, 2006).
Schiffman Kanuk, Perilaku Konsumen, 7th ed. (Jakarta: PT. Indeks, 2008).
Sugiyono, Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. (Bandung: Alfabeta, 2014).
Sopiah dan Sangudji, Consumer Behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, edisi 2. (Jakarta: Erlangga, 2013).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek , (Jakarta: Rineka Ciptta, 2012)
Sumber dari internet dengan nama penulis
Viva Budy Kusnandar(2022), Jumlah Uang Elektronik Yang Beredar, Databoks Katadata Indonesia,,” Diakses pada September 05, 2022, artikel: https://databoks.katadata.co.id, 19 Mei 2022.