Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan E-Money Pada Mahasiswa Uin Sts Jambi

  • Muhamaad Rizki UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Agustina Mutia Universitas Islam Negeri Sultha Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhammad Subhan Universitas Islam Negeri Sultha Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Religiusitas, Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam  beberapa  tahun  terakhir  ini  perkembangan  sistem  pembayaran  yang berbasis  teknologi  telah  mengubah  secara  signifikan  arsitektur  sistem  pembayaran konvensional  yang  mengandalkan  fisik  uang  sebagai  instrumen  pembayaran  meski  fisik uang  sampai  saat  ini  masih  banyak  digunakan  masyarakat  dunia  sebagai  alat pembayaran  namun  sejalan  dengan  perkembangan  teknologi  sistem  pembayaran  yang pesat  pola  pembayaran  tunai  atau  cash  secara  berangsur  beralih  menuju  pembayaran non tunai. Salah satu produk keuangan digital tersebut adalah uang elektronik (e-money).[1] Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan, persepsi manfaat dan religiusitas terhadap keputusan pembelian menggunakana e-money. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 267 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan alat hitung spss versi 22. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t (parsial) dan uji f (simultan) didapatkan sebuah jawaban bahwa variabel kepercayaan, persepsi manfaat, dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan e-money dengan hasil tersebut sekaligus menjawab tujuan dari penelitian.

References

Artikel Jurnal
Rifqy Tazkiyyaturrohmah, “Eksistensi Uang Elektronik Sebagai Alat Transaksi Keuangan Modern,” Muslim Heritage 3, no. 1 (June 2, 2018):
Buku
Agus M Hardjana, Religiositas Agama Dan Spritualitas (Yogyakarta: Kanisiius, 2005).
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, (Yogyakarta: Andi Offset, 2008).
Husein, Umar, Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen (Jakarta: Gramedia, 2015).
Imam Suprayoga and Toboroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003).
Jogiyanto, Sistem Informasi Keperilakuan (Yogyakarta: Andi, 2019).
Kevin Lane Keller dan Phillip Kotler, Manajemen Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 2012).
Kevin Lane Keller dan Phillip Kotler, Manajemen Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 2016).
Peter dan Olson, Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, 9th ed. (Jakarta: Salemba Empat, 2013).
Rifqi Suprapto dan M. Zaky Wahyuddin Azizi, Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Ponorogo: Myria Publisher, 2020)
R Maulana Ibrahim, Paper Seminar International Toward A Less Cash Society in Indonesia (Jakarta: Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, 2006).
Schiffman Kanuk, Perilaku Konsumen, 7th ed. (Jakarta: PT. Indeks, 2008).
Sugiyono, Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. (Bandung: Alfabeta, 2014).
Sopiah dan Sangudji, Consumer Behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran, edisi 2. (Jakarta: Erlangga, 2013).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek , (Jakarta: Rineka Ciptta, 2012)
Sumber dari internet dengan nama penulis
Viva Budy Kusnandar(2022), Jumlah Uang Elektronik Yang Beredar, Databoks Katadata Indonesia,,” Diakses pada September 05, 2022, artikel: https://databoks.katadata.co.id, 19 Mei 2022.
Published
2023-06-11
How to Cite
Muhamaad Rizki, Agustina Mutia, & Muhammad Subhan. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan E-Money Pada Mahasiswa Uin Sts Jambi. Journal of Student Research, 1(4), 299-312. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1544