Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Bekas Pada Showroom Sultan Motor Jambi
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i4.1545Keywords:
Strategi Promosi, Penjualan, dan Motor BekasAbstract
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun jenis dan sumber data yang dibutuhkan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kegiatan promosi yang digunakan oleh Showroom Sultan Motor ada periklanan, promosi penjualan, penjualan personal dan hubungan masyarakat. Dari 9 informan yang telah di wawancarai, dimana Sultan Motor dalam mempromosikan produknya hanya terfokus pada media sosial saja dan ada beberapa konsumen yang kesulitan dalam melakukan pembelian kredit Motor karena terkendala syarat yang tidak memenuhi kriteria. Adapun kendala pada Showroom Sultan Motor Jambi: kondisi pasar, kondisi dan kemampuan penjual, modal, kondisi organisasi perusahaan. Adapun solusi yang dilakukan memberikan kepuasan kepada konsumen dan menanggapi dengan cepat setiap keinginan calon pembeli, memberikan solusi kepada konsumen jika tidak dapat melakukan pengkreditan karena beberapa hal yang tidak memungkinkan konsumen untuk melakukan kredit, dengan menawarkan system pembayaran yang lainnya, menambah pelanggan baru, sehingga tidak terfokus pada media sosial saja. Jika semua karyawan melakukan promosi maka peluang peningakatan penjualan juga bisa tercapai
References
Al-Qur'an dan Terjemahannya, Mushaf Al-Qur'an, (Pustaka Alajnah, 2019)
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran (Yogyakarta: ANDI, 2008)
Fitriani Dwi Maharani dan Maulana Ardhiansyah, Sistem Prediksi Penjualan Dengan Metode Single Exponential Smoothing & Trend Parabolik (Tanggerang Selatan: Pascal Books, 2022).
Sofian Assauri, Manajemen Pemasaran : Dasar Konsep dan Strategi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002)