Pengaruh Lifestyle Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Di Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1592Keywords:
Lifestyle, Advertising, Purchase DecisionAbstract
Abstract. This study aims to determine and analyze the influence of lifestyle and advertising on purchasing decisions for Somethink products. This type of associative research with primary data in and sourced from the research instrument in the form of a Likert-scale questionnaire so that the type of data used is quantitative data. The research population is all consumers who have shopped at Shopee whose number is not known with certainty. The sample of this research was 96 respondents using purposive sampling technique. data collected by observation, questionnaires and literature study. Data analysis techniques using validity test, reliability test, classic assumption test multiple regression, multiple correlation coefficient, t test and f test. The results of the study show that lifestyle and advertising simultaneously influence the purchase decision of Something's product
References
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dahmiri, H. H., Sari, S. S. 2020. “Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Jambi.” Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan 9(1): 15–22.
Elmatiara, B., Mursito, B., Sudarwati. 2021. “Advertisement, Lifestyle and Product Quality in Influencing Purchase Decision of Xiaomi Smartphone in Sukoharjo.” International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR) 5(1): 35–43.
Erdawati. 2020. “Pengaruh Gaya Hidup, Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee.” Jurnal Apresiasi Ekonomi 8(3): 365–371.
Ghozali, I. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).” Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro 96.
Haryani, D. S. 2019. “Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang.” Jurnal Dimensi 8(1): 54–70.
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., Lisnawati. 2018. “Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Clothing Line (Survei Pada Konsumen Clothing Line Famo Di Kota Bandung).” Journal of Business Management Education 3(2): 91–102.
Kotler, Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, R., Susanti, F. 2015. “Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sepatu Merek Fladeo Di Basko Grand Mall Padang.” Journal of Management 2(2): 1–11.
Musvaida, A. H., Hadi, S., Rizal, M. 2021. “Pengaruh Kepercayaan,Keamanan Dan Kemudahan Terhada Kepuasan Pelanggan Pada J&T Express (Studi Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang).” e – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen 10(8): 70–79.
Mutoharoh, L. B. H., Minarsih, M. M. 2015. “Pengaruh Iklan Televisi, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Kesehatan ‘Dettol’ Di Swalayan Ada Setiabudi Semarang.” Journal of Management 1(1): 1–11.
Pangestu, S. D., Suryoko, S. 2016. “Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Peacockoffie Semarang.” Jurnal Administrasi Bisnis 5(1): 63–70.
Rahmallah, S., Trianita, M. 2021. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Kota Padang.” Jurnal Manajeman 3(2): 4–5.
Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Salsabila, H. F., Harti. 2021. “Pengaruh Iklan Media Sosial, Electronic Word of Mouth, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian.” Akuntabel 18(4): 722–32.
Sinollah, D. N. M., Arsyianto, M. T. 2020. “Analisis Periklanan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumen Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian.” Jurnal Sketsa Bisnis 7(2): 94–105.
Stephen, A., Canthika, A., Subrata, D., Veronika, D. 2020. “Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Indonesian Business Review 2(2): 233–48.
Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Sutardjo, D., Mandey, S. L., Raintung, M. C. 2020. “Pengaruh Gaya Hidup, Word of Mouth Dan Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gloriusgloriuss Store Manado.” Jurnal EMBA 8(4): 90–99.
Yunanto, B., Nurtianto, A. 2022. “Pengaruh Iklan, Pester Power, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Manajemen 14(2): 319–326.