Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 27 Meddn

  • Dina Ulpa Pasaribu Universitas Negeri Medan
Keywords: Analisis Kemampuan, Berpikir Kreatif Matematika

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
studi kasus yang bertujuan untuk Mengklasifikasi kemampuan berpikir kreatif dalam
matematika kelas VIII di SMP Negeri 27 Medan”. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa/siswi kelas VIII – 11 di SMP Negeri 27 Medan yang berjumlah 30 siswa dengan
teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah
tes uraian yang mencakup empat indikator kemampuan berpikir kreatif matematika
materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh Kemampuan berpikir kreatif dalam matematika siswa pada kelas VIII -11 di

SMP Negeri 27 Medan dalam menyelesaikan soal Ssitem Persamaan linear dua variabel

sebagian dikatakan rendah.Kategori tinggi ada sebanyak 6 siswa dari 30 siswa dengan

persentasenya 20 % Pada kategori ini kendala yang terjadi adalah ketidaktelitian pada

saat pengerjaan soal, Kategori sedang ada sebanyak 7 siswa dari 30 siswa dengan

persentasenya 23,33 Pada kategori ini kendala yang terjadi adalah ketidaktelitian pada

pengerjaan soal dan cari/ jawaban yang diberikan tidak beragam/ bervariasi, dan Kategori

rendah ada sebanyak 17 siswa dari 30 siswa dengan persentasenya 56,66 %. Pada kategori

ini kendala yang terjadi adalah rendahnya pemahaman konsep, ketidaktelitian dalam

pengerjaan soal, serta tidak beragam/bervariasi dalam memberikan cara/jawaban pada

soal.

References

Arikunto.(2016). Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Armandita,dkk.(2017).Analisis kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika di
Kelas XI MIA 3 SMA N 11 Kota Jambi.Jurnal Penelitian Ilmu
Pendidikan.10(2),131-134.
Darwanto.(2019).Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Eksponen.9(2),20-26.
Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan
Masalah Matematis Mosharafa. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1), 119–130.
Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto.(2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif
Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities
(MEA). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (1), 239-247.
Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perdana Publishing.
Istianah. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif ( MEAs) Pada
Siswa SMA.Journal of Mathematics Education. 2(1), 43–54.
Mako,dkk .(2020). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMK Negeri 7
Ende. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(2):124-130.
Rahmat. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Askara.
Surya, E. Dermawan, D.A., & Syahputra, E (2017). The Efforts to Improving the Creative
Thinking Ability Through Problem-Based Learning of Junior High School
Students. International Journal of Novel Research in Education and Learning.
4(2):29-40.
Wijaya,dkk.(2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas
VII Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal of Mathematics Education. 5(2),85-
86.
Yuandari & Rahman.(2017). Metodologi Penelitian dan Statistika. Bogor: IN MEDIA.
Published
2023-08-09
How to Cite
Ulpa Pasaribu, D. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 27 Meddn. Journal of Student Research, 1(5), 89-100. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1602