ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E- COMMERCE SHOPEE DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

Authors

  • Alia Candra Devi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Uus MD Fadli Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1628

Keywords:

Keputusan Pembelian, Produk, E-commerce Shopee

Abstract

Keputusan pembelian merupakan bagian penting yang dilakukan konsumen sebelum melakukan pembelian, Pengambilan keputusan pembelian ini dilakukan setelah melakukan evaluasi terhadap banyaknya pilihan produk atau jasa yang ditawarkan. Situs belanja online seolah-olah menjadi satu cara cepat untuk dapat memenuhi keinginan belanja konsumen. Shopee salah satu E-commerce yang menawarkan berbagi macam produk kepada konsumen. Tujun penelitian ini untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian mahasiswa di e-commerce shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini di kota Karawang. Informan penelitian ini adalah 4 orang mahasiswa prodi manajemen Universitas Buana Perjuangan Kawarang yang aktif mengunakan aplikasi shopee. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan observasi. Analisis dilakukan dengan membagi dua jenis data yaitu data primer dari wawancara langsung dan data sekunder dari artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya promosi diskon, promosi gratis ongkos kirim, harga, dan kualitas produk mempengaruhi terhadap keputusan pembelian online konsumen di Shopee. Dalam proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terdapat lima tahap yaitu tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan tahap perilaku pasca pembelian. Dapat disimpulkan bahwa saat ini mahasiswa sering melakukan pembelian produk di E-commerce shopee untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

References

Aditya Krisna (2021) “Riset Populer Pemasaran Jilid 1” (Bandung:Media Sains Indonesia ) .hlm.37, (n.d.).
Didik, G. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing (B. Nasution ed ; Pertama). Tebing Tinggi : PT Inovasi Pratama Internasional
Ependi, H., & Pahlevi, R. W. (2021). Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Produk Online Shop Shopee Dan Faktor Penentunya. Journal Competency of Business, 5(1), 118-135.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Pertama). Surabaya : Unitomo Press.
Kotler Phillp. (2021). manajemen pemasaran. CV Budi Utama, Jakarta
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16-23.
Sofyan, M., Rulandari, N., & Sari, Y. (2021). Analisis Proses Keputusan Pembelian Online Pada Shopee Mall Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 26(3), 306-315.
Wulandari, A., & Sampouw, C. P. (2020). Proses Pengambilan Keputusan dalam Situs Belanja Online “Shopee” sebagai Pemenuhan Kebutuhan Konsumen. JCommsci-Journal of Media and Communication Science, 3(2).
Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal, 2(1), 472–481.
Zubaidah, I., & Latief, M. J. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen E-commerce Shopee di Lingkungan RT08/RW10 Sriamur Bekasi. Jurnal EMT KITA, 6(2),324-333.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Alia Candra Devi, & Uus MD Fadli. (2023). ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK E- COMMERCE SHOPEE DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG. Journal of Student Research, 1(5), 113–123. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1628