ANALISIS PELUANG USAHA SARANG BURUNG WALET DI TINJAU DARI MAQASHID SYARIAH (Studi Desa Sungai Sayang Kec. Sadu Kab. Tanjung Jabung Timur)

  • Eja Armaz Hardi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Firman Syah Noor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Maqashid Syariah, Peluang Usaha, Burung Walet.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang usaha sarang burung walet di Desa Sungai Sayang, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan untuk mengetahui tinjauan maqashid syariah terhadap usaha sarang burung walet di Desa Sungai Sayang, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa peluang usaha sarang burung walet di Desa Sungai Sayang menghasilkan peluang usaha yang sangat baik karena Desa ini merupakan salah satu tempat habitat dari burung walet sehingga para pengusaha walet mampu mengoptimalkan peluang usaha yang ada untuk mengembangbiakkan dalam meningkatkan populasi sarang burung walet dan menjadikan usaha ini sebagai sumber untuk menambah penghasilan demi menopang kehidupan rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Desa Sungai Sayang. Dalam menyelaraskan peluang usaha sarang burung walet dengan prinsip-prinsip maqashid syariah, tentunya para pengusaha sarang burung walet yang ada di Desa Sungai Sayang telah sepenuhnya menerapkan lima unsur yang ada pada konsep maqashid syariah. Kemudian hasil dari usaha sarang burung walet ini membawa kemaslahatan bagi para pengusaha walet yang ada di Desa Sungai Sayang.

References

Harapuspa, Annisa, and Dyah Fitriani.. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Sarang Burung Di Indonesia.” Jurnal Fokus Manajemen Bisnis 8, no. 2 (January 20, 2020).
Dewi, Mega Endiana. “Manfaat Konsumsi Sarang Burung Walet,” (Jurnal Kedokteran Ibnu Nafis), Volume 9 No. 1 Tahun 2020.
Azis, M Afnur, Eva Dolorosa, and Adi Suyatno. “Kelayakan Usaha Sarang Burung Walet Di KECAMATAN BENUA KAYONG KABUPATEN KETAPANG.” Jurnal Sains Pertanian Equator, No. 2 10 (2021): 11.
Dias, Gusti Tian Dian. Analisis Kelayakan Usaha Sarang Burung Walet Di Desa Lunang Barat Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatra Barat, (Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2018).
Ika Yunia Fauzia, Abdul Kadir Riyadi, Prinsip Dasar Ekonomi Islam : Perspektif Maqashid Al-Syari'ah (Jakarta: Kencana, 2014).
Ishak, Khodijah. “Maqashid Syari'ah dan Maslahah Dalam Ekonomi Dan Bisnis Syari'ah” 3, no. 1 (June 30, 2014).
Solikhudin, Muhammad. Good Governance: Mengurai Penyelenggaraan Negara yang Bersih dengan Maqashid al-Syariah (Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media, 2022).
Sirenden, Mayer, Dhanang Puspita, Monang Sihombing, Fitri Nugrahani, Nina Retnowati, Program Studi, Teknologi Pangan, et al. Analisis Profil Makronutrien dan Kandungan Nitrit Pada Bagian Sarang Burung Walet (Aerodramus Fuciphagus), 2018.
Lepiyani, “Pengaruh Budidaya Sarang Burung Walet Terhadap Perekonomian Masyarakat Kuala Jelai Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara”. (IAIN Palangka Raya, 2019).
Published
2023-08-10
How to Cite
Eja Armaz Hardi, & Firman Syah Noor. (2023). ANALISIS PELUANG USAHA SARANG BURUNG WALET DI TINJAU DARI MAQASHID SYARIAH (Studi Desa Sungai Sayang Kec. Sadu Kab. Tanjung Jabung Timur). Journal of Student Research, 1(5), 157-170. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1682