Pengaruh Harga Dan Promosi E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Mahasiswa Febi Uin Sts Jambi

  • Habriyanto Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Laily Ifazah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Meysi Anggraini
Keywords: Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi e-commerce terhadap keputusan pembelian studi kasus mahasiswa febi uin sts jambi. Sampel penelitian berjumlah 3.144 responden adalah mahasiswa febi uin sts jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan pengolahan data ini menggunakan SPSS Versi 22.0.Model penelitian yang digunakan yaitu model penelitian deskriptif dimana menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai faktor-faktor yang diteliti. Teknik pengujian data dignakan dalam penelitian adalah uji validitas dengan nilai r hitung dan uji reliabilitas dengan moment pearson correlation, analisis data yang digunakan  adalah analisis regresi linier berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian.

References

A. Al-Qur’an
Departemen Agama RI, “Al-Qur’an dan Terjemahannya” Bandung Hilal, 2010
B. Buku-Buku
Agus Hermawan, Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2012
Buchari Alma. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2018.
Buchary, Herry Achmad dan Djaslim and Saladin, Manajemen Pemasaran (Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi & Tanya Jawab) Bandung: Lindakarya, 2013
Djaslim Saladin, Manajemen Pemasaran, Bandung: Linda Karya, 2010
Danang Sunyoto, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (konsep, strategi dank asus), Yogyakarta: CAPS, 2014
Fandy Tjiptono, “Manajemen Pemasaran” Yogyakarta : CV Andi Offset. 2017
Pandji Anoraga, Manajemen Bisnis Jakarta: Rineka Cipta, 2012
M. S. Etta, & Sopiah. “Perilaku Konsumen”. Yogyakarta: ANDI. 2012
Nembah F. Hartimbul Manajemen Pemasaran Cetakan 1 Bandung: Yrama Widya, 2011
Nugroho J. Setiadi, Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta, 2018
Kotler, and Amstrong Kotler, Principle Of Marketing. Jakarta: PT. Indeks. 2018
Kotler and Amstrong, Pricple Of Marketing. Jakarta: PT. Indeks 2016
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2012
Sukarno Wibowo, dan Dedi Supriadi M.Ag, Ekonomi Mikro Islam. Bandung, Pustaka Setia, 2013
Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’adi,”Tafsir Al-Qur’an Syaikh Abdurrahman As-Sa’adi, Jilid 2 Indonesia: Darul Haq 2016
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D Bandung: Alfabeta, 2016
William, J Stanton Prinsip Pemasaran Jakarta: Erlangga 2017.

C. Jurnal Ilmiah
Alamsyah, Nadir & Saino, (2021). Pengaruh Fitur Produk dan Promosi Cashback Terhadap Keputusan Pembelian. (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri, Surabaya), h. 18(4).
Aristo, Stephanus Felix, 2016. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Woles Chips, Jurnal Manajemen & Strat Up Bisnis – Vol. 1 No. 4
Anuraga, Wirawan dan Sonang Sitohang, “Pengaruh Produk, Harga, dan Promosi dan Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang”, Jurnal Ilmu dan Roset Manajemen, Vol. 4 No. 10. 2015
B.Santoso dan R., N. Qomariah Anggriana, (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online :Om-Jek” Jember. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia. 7(2) : 137-156
Istiqomah, Nurul, 2020. Analisis persepsi promo gratis ongkos kirim (shopee) terhadap keputusan pembelian. Jurnal bisnis kompetitif, Vol. 1 No. 2
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013, hlm. 46.
Gerung, Christy Jacklin, Jantje Sepang, Sjendry Loindong, 2017. Effect Of Product Quality, Price, and Promotion to Decision Purchase Nissan X-Trail Car in PT. Wahana Wirawan Manado, Jurnal EMBA Vol. 5 No. 2, Hal. 2221-2229 ISSN 2303-1174
Hidayah, Ardiana, (2019). “Jual Beli E-Commerce Dalam Perspektif Persepektif Hukum Islam, (Fakultas Hukum Universitas Palembang) Volume 17 Nomor 1. hal 84-93
Rahmawati, (2018). Pengaruh harga dan minat beli terhadap keputusan pembelian konsumen shopee, Jurnal Riset Sains Manajemen – Vol. 2(4), ISSN: 2597- 4726
Yolanda dan Darmanitya Harseno Wijanarko, “Pengaruh promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian air minum merek aqua serta implikasinya terhadap citra merek di fakultas ekonomi universitas borobudur”. Jurnal Manajemen, Vol. 06 No. 1A. 2018
D. Obseravsi
Observasi, Mahasiswa Febi UIN STS Jambi, 25 Feb-27 Feb 2023.
Observasi dan Wawancara, Akademik ICT FEBI UIN STS Jambi, 12 Maret 2023.
E. Internet
Vika Arkia Dihni,Situs E-Commerce dengan jumlah terbanyak di Indonesia 2022, diakses pada tanggal 12 Maret 2023 https://databoks.katadata.co.id/
Published
2023-08-10
How to Cite
Habriyanto, Laily Ifazah, & Meysi Anggraini. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Mahasiswa Febi Uin Sts Jambi. Journal of Student Research, 1(5), 171-191. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1685