Pengaruh Digital Payment ShopeePay dan Locus of Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

  • Beid Fitrianova Andriani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Elyanti Rosmanidar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Zahratud Diniah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Digital Payment ShopeePay, Locus of Control, Consumptive Behavior

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan perilaku membeli secara berlebihan dengan mengutamakan kebutuhan sekunder dan tersier daripada kebutuhan primernya yang menyebabkan seseorang menjadi boros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh digital payment shopeepay dan locus of control terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakuktas Ekonomi dan Bisnis Islam. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi angkatan 2019, jumlah sampel penelitian sebanyak 85 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih mahasiswa yang menggunakan digital payment shopeepay. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data variabel dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain; Dompet Digital, Psikologi Kepribadian, Perilaku Konsumen dan Perilaku Konsumtif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan digital payment ShopeePay dan locus of control berpengaruh  positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Secara parsial digital payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Locus of control tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini variabel-variabel tersebut valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik dengan distribusi normal tidak terjadi heteroskedastisitas dan multikoliniearitas.

References

AL-Quran dan Terjemahannya, (Jakarta: Al-Huda Kelompok Gema Insani, 2002)
Bimo Walgito, Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), (Yogyakarta: ANDI, 2003).
Damsar dan Indriyani, Pengantar Sosiologi Ekonomi, (Jakarta: Kencana, 2019).
Firmansyah dan Dacholfany M. Ihsan, Uang Elektronik Dalam Perspektif Islam, (Lampung: CV. IQRO’, 2018).
Garry Martin dan Joseph Pear, Modifikasi Perilaku Makna dan Penyerapannya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015).
Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, (Semarang: UNDIP, 2016).
Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, Perilaku Konsumen. (Bandung: PT. Refika Aditama, 2012)
M. Anang Firmansyah, Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran), (Yogyakarta: Qiara Media, 2019)
M. Dahlan Yacub al-Barry, Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya: Arkola, 1994).
Robbins, P. Stephen. Perilaku Organisasi, Edisi Kelima, (Jakarta: Erlangga, 2008)
Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif : Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Edi-3. Cet-1. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013).
Sumartono, Terperangkap Dalam Iklan. (Bandung: Alfabeta, Cv, 2002)
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2012).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, (Bandung Alfabeta, 2021).

Teguh Muhammad, Metode Penelitian Ekonomi, Teori, Dan Aplikasi (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015).

Jurnal
Dilasari, D., Mulyati, S., & Kurniawan, A. (2020). “Pengaruh Financial Literacy, Life Style, Locus of Control dan Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Di Kota Subang. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 2 (02)
Hidayah, N., & Bowo, P. A. (2018). “Pengaruh uang saku, locus of control, dan lingkungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif”. Economic Education Analysis Journal, 7 (3), 1025-1039.
Houston, D. D. (2019). “Adopsi Penerimaan Digital Payment Pada Kalangan Milenial”. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi”. 7 (2), 55-67.
Insana, D. R. M., & Johan, R. S. (2021). “Analisis Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7 (2), 209-224.
Kusuma, V. T. (2020). “Pengaruh Dompet Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Bagi Mahasiswa di Universitas Raharja”. JI-Tech: Jurnal Ilmiah Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT, 16 (2), 50-54.
Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Macdhy, R. D. N., & Yusuf, A. (2021). “Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumen Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pengguna Platform Digital Payment OVO)”. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 16 (1), 107-126.
Rohayedi, E., & Maulina, M. (2020). “Konsumerisme Dalam Perspektif Islam”. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 4 (1), 31-48.

Skripsi/Thesis/Disertasi
Gosal, M. A., & Linawati, N. (2018). ”Pengaruh Intensitas Penggunaan Layanan Mobile Payment terhadap Spending Behavior “, (Doctoral dissertation, Petra Christian University).
Saputra, I. P. (2019). “Analisis Efektivitas Penggunaan Digital Payment Pada Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya”. (Skripsi, Lampung: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya).
Syifa, L. (2019). “Pengaruh kemudahan penggunaan mobile banking terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta”. (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Kejuruan UIN Syarif Hidayatullah).
Septiana, S. (2022). “Pengaruh Kemudahan Akses Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Digital Payment Shopeepay Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Tahun 2019 Uin Sultan Maulana Hasanuddin Banten)”. (Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).

Website
Akademik dan kemahasiswaan, Diakses pada 11 November 2022, https://uinjambi.ac.id/statistik/akademik-kemahasiswaan/
Dinda Ayu Widiastuti. ShopeePay Resmi Dirilis Di Indonesia, Diakses pada 6 Desember 2022, https://www.tek.id.com
Raihan Hasya, E-Wallet terpopuler di Indonesia 2022, Diakses pada 29 November 2022, https://goodstats,id/article/ini-10-e-wallet-yang-paling-sering-dipakai-masyarakat-indonesia-M4TA4
Saidun Fiddaraini. (2022). Gaya hidup konsumtif dalam pandangan islam. Diakses pada 29 November 2022, https://www.kuliahislam.com/2022/01/gaya-hidup-konsumtif-dalam-pandangan-html?m=1
Published
2023-08-10
How to Cite
Beid Fitrianova Andriani, Elyanti Rosmanidar, & Zahratud Diniah. (2023). Pengaruh Digital Payment ShopeePay dan Locus of Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Student Research, 1(5), 192-212. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1699