PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TARIF PREMI TERHADAP KEPUASAN NASABAH ASURANSI SYARI’AH (Studi Pada PT Asuransi Jiwa Syariah AL - AMIN )
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1719Keywords:
Kualitas Pelayanan, Tarif Premi dan Kepuasan NasabahAbstract
Penelitian ini berfokus pada ”Kualitas Pelayanan, Tarif Premi Dan Kepuasan Nasabah Pengguna Jasa PT. Asuransi Jiwa Syariah AL - AMIN Cabang Jambi”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh premi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah asuransi PT. Asuransi Jiwa Syariah AL - AMIN cabang Jambi. Jenis penelitian ini jika di tinjau dari rencana penelitian maka dapat dapat digolongkan kedalam penelitian kuantitatif dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 64 orang nasabah asuransi jiwa di AL - AMIN. Dari hasil uji t variabel Kualitas Pelayanan (X1) dengan nilai t hitung 0,668 < nilai t tabel 1,999 (t tabel= t (α/2; n-k-1) = t (0,025;62) =1,999) dan nilai signifikan 0,506 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil uji tersebut dapat dinyatakan bahwa secara parsial Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah (Y). Dan hasil uji t variabel Tarif Premi (X2) mempunyai nilai signifikan untuk Tarif Premi terhadap Y adalah dengan nilai t hitung -1,209 < nilai t tabel 1,999 (t tabel= t (α/2; n-k-1) = t (0,025;62) =1,999) dan nilai signifikan 0,231 < 0,05. Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil uji tersebut dapat dinyatakan bahwa secara parsial Tarif Premi berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Dari hasil uji hipotesis f diketahui bahwa bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Tarif Premi (X2) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel dependen (Kepuasan). Hal ini dibuktikan dengan menggunakan nilai f hitung > f tabel dimana 0,928 > 0,315 (f tabel=f (k; n.k) f (2; 62) = 3.15) dan nilai signifikan sebesar 0,401 < 0,05.
References
Arief, Mts., Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan (Bagaimana Mengelola Kualitas Pelayanan Agar Memuaskan Nasabah (Malang: Bayumedia Publishing, 2020)
Dr. Marwan Hamid, M.Pd dkk, Analisis Jalur Dan Aplikasi SPSS Versi 25 (Peusangan, Bireuen: Universitas Al muslim Matang Glumpang Dua, 2019)
Artikel Jurnal
Ahmed, Salahuddin, Islamic Banking, Finance, and Insurance; a Global Overview (Kuala Lumpur: A.S. Noordeen, 2006)
Cintya Damayanti and Wahyono, ‘Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasn Sebagau Variabel Intervening’, 4 (2015)
Heni Rohaeni and dkk, ‘Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah’, 2 (2018)
Ni Made Arie Sulistyawati dkk, ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Restoran Indus Ubud Gianyar’, 4 (2015)
Rafidah, ‘Kualitas Pelayanan Islami Pada Perbankan Syariah’, 10 (2014)
Web-site :
‘5 Dimensi Kepuasan Nasabah Yang Jarang Diketahui Pebisnis Pemula’, Sodexo, 28 November 29019 https://www.sodexo.co.id/dimensi-kepuasan-Nasabah-yang-jarang-diketahui-pebisnis-pemula
Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Informasi (BAKAI) and Universitas Medan Area, ‘Mengenal Variabel Bebas Dan Terikat Dalam Penelitian’, 2022 https://bakai.uma.ac.id/2022/03/31/mengenal-variabel-bebas-dan-terikat-dalam-penelitian/
Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Informasi (BAKAI) and Universitas Medan Area, ‘Mengenal Variabel Bebas Dan Terikat Dalam Penelitian’, 2022 https://bakai.uma.ac.id/2022/03/31/mengenal-variabel-bebas-dan-terikat-dalam-penelitian/