Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Keberhasilan Usaha (Studi Pada Usaha Rempeyek Ilham Kota Jambi)

  • Aurelia Zahwa Putri. E UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • A. Tarmizi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Beid Fitrianova Andriani UIN Sulthan Thaha Saiffudin Jambi
Keywords: Islamic Business Ethics, Business Success.

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Keberhasilan Usaha (Studi Pada Usaha Rempeyek Ilham Kota Jambi).   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  penerapan etika bisnis Islam sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam menurut Faisal Badroen serta yang menjadi indikator keberhasilan usaha adalah modal, pendapatan, volume penjualan, output produksi dan tenaga kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Rempeyek Ilham telah menerapkan etika bisnis Islam dengan baik dalam menjalankan usahanya dan berdampak positif terhadap keberhasilan usahanya. Kendala dalam penerapan etika bisnis Islam pada usaha Rempeyek Ilham kota Jambi adalah menepati janji yang disebabkan oleh kurangnya tenaga kerja dibidang produksi menyebabkan keterlambatan pada pengiriman produk kepada konsumen dan kurang teliti dalam memberikan produk kepada konsumen. Solusi dalam penerapan etika bisnis Islam pada usaha Rempeyek Ilham kota Jambi adalah merekrut tenaga kerja khususnya dibidang produksi agar hasil produksi dapat memenuhi permintaan dari konsumen dan lebih cermat dan teliti pada saat memberikan produk kepada konsumen.

References

Aravik, Havis. Ekonomi Islam. Jawa Timur: Empatdua, 2016.
Badroen, Faisal, Suhendra, Muhammad Arief Mufraeni, and Ahmad D. Bashori. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Prenadamedia Group, 2006.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2005.
Efilia, Meiza. “Pengaruh Pendapatan Usaha Dan Beban Operasional Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Kimia Dan Keramik, Porselin Dan Kaca Yang Terdaftar Di Bursa Efek.” E- Journal Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang, 2018.
Harahap, Nila Astuti. “Analisis Penerapan Dan Dampak Etika Bisnis Islam Pada Supermarket De’ Halal Mart Yogyakarta.” Universitas Islam Indonesia, 2018.
Hulaimi, Ahmad, Sahri, and Moh Huzaini. “Etika Bisnis Islam Dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Pedagang Sapi.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 2, no. 1 (June 2017).
Masyuri, Machfudz. Dasar-Dasar Ekonomi Mikro. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.
Muslim, Moh. “Urgensi Etika Bisnis di Era Global.” Esensi 20, no. 2 (2017): 11.
Nawatmi, Sri. “Etika Dalam Perspektif Islam.” Fokus Ekonomi 9, no. 1 (April 2010).
Nurcahyo, Fandry. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada Restoran Mcdonald’s Delta Plaza Surabaya.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 5, no. 4 (n.d.): 2016.
Raffriadi, Bapak. Wawancara Selaku Manajer Personalia Usaha Rempeyek Ilham Kota Jambi, May 9, 2023.
Suryana. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat, 2003.
Published
2023-08-14
How to Cite
Aurelia Zahwa Putri. E, A. Tarmizi, & Beid Fitrianova Andriani. (2023). Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Keberhasilan Usaha (Studi Pada Usaha Rempeyek Ilham Kota Jambi). Journal of Student Research, 1(5), 343-357. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1750