PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN APLIKASI GO-JEK DI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1751Keywords:
Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Kepuasan KonsumenAbstract
Dalam penelitian ini berfokus pada pembahasan kualitas layanan, persepsi harga dan tingkat kepuasan konsumen pada penggunaan aplikasi Go-Jek di Kota Jambi. ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap tingkat kepuasan konsumen pada penggunaan aplikasi Go-Jek. Sampel pada peneitian ini diambil sebanyak 96 responden dan menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Dan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Dari hasil uji t variabel kualitas layanan (X1) dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,564 > 1,986) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif signifikan antara variabel kualitas layanan (X1) terhadap tingkat kepuasan konsumen (Y). Variabel persepsi harga (X2) dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (7,578 > 1,986) dan niai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 disimpulakan bahwa adanya pengaruh yang positif signifikan antara variabel persepsi harga (X2) terhadap tingkat kepuasan konsumen (Y). Dari hasil uji f diketahui bahwa variabel kualitas layanan (X1) dan persepsi harga (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel tingkat kepuasan konsumen (Y) dibuktikan dengan menggunakan nilai f hitung lebih besar dari f tabel sebesar (112,037 > 3,09) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai adjusted R Square sebesar 0,723 atau 72,3% yang artinya tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas layanan dan persepsi harga sebesar 72,3% sedangkan sisanya sebesar 27,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
References
Ketmi Novrin Surianto And Ety Istriani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Grab-Cardi Yogyakarta,” 2019, 14.
Febry Setiawan and Srie Wijaya Kesuma Dewi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Di Kota Bandung” 4, no. 1 (2022): 9.
Buku Teks
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum (Yogyakarta: Andi Offset, 2010).
Daryanto Ismanto Setyabudi, Konsumen Dan Pelayanan Prima (Yogyakarta: Gava Media, 2018)
Fandy Tjiptono , Strategi Pemasaran (Yogyakarta: Andi Offset, 2014).
Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa, I (Yogyakarta: Andi Offset, 2014).
Fandy Tjiptono, Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima, (Yogyakarta: Andi Offset, 2017).
Fitria Halim dkk, Manajemen Pemasaran Jasa (Yayasan Kita Menulis, 2021).
Kotler Philip dan Armstrong Gary, Prinsip-Prinsip Pemasaran, 13th ed. (Jakarta: Erlangga, 2012)
Lupiyoadi R, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Jakarta: Salemba Empat, 2013).
Syofian Siregar. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian (Jakarta: Rajawali Pers, 2012). Tjiptono, Pemasaran Jasa I. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.