PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN APLIKASI GO-JEK DI KOTA JAMBI

  • Ade Igustiani B UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahsan Putra Hafiz UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Atar Satria Fikri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Dalam penelitian ini berfokus pada pembahasan kualitas layanan, persepsi harga dan tingkat kepuasan konsumen pada penggunaan aplikasi Go-Jek di Kota Jambi. ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap tingkat kepuasan konsumen pada penggunaan aplikasi Go-Jek. Sampel pada peneitian ini diambil sebanyak 96 responden dan menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Dan metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Dari hasil uji t variabel kualitas layanan (X1) dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,564 > 1,986) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif signifikan antara variabel kualitas layanan (X1) terhadap tingkat kepuasan konsumen (Y). Variabel persepsi harga (X2) dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (7,578 > 1,986) dan niai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 disimpulakan bahwa adanya pengaruh yang positif signifikan antara variabel persepsi harga (X2) terhadap tingkat kepuasan konsumen (Y). Dari hasil uji f diketahui bahwa variabel kualitas layanan (X1) dan persepsi harga (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel tingkat kepuasan konsumen (Y) dibuktikan dengan menggunakan nilai f hitung lebih besar dari f tabel sebesar (112,037 > 3,09) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai adjusted R Square sebesar 0,723 atau 72,3% yang artinya tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas layanan dan persepsi harga sebesar 72,3% sedangkan sisanya sebesar 27,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

References

Salsabila Tisat Anisa, Muammar Taufiqi Lutfi Mustofa, Ahmad Ulil Albab Al Umar, Dessy Fitria, Yolanda Sryta Pradani, and Yuni Inawati. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek Millenial Salatiga.” Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 1, no. 1 (July 14, 2021): 9–16. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i1.65
Ketmi Novrin Surianto And Ety Istriani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Grab-Cardi Yogyakarta,” 2019, 14.

Febry Setiawan and Srie Wijaya Kesuma Dewi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek Di Kota Bandung” 4, no. 1 (2022): 9.
Buku Teks
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum (Yogyakarta: Andi Offset, 2010).
Daryanto Ismanto Setyabudi, Konsumen Dan Pelayanan Prima (Yogyakarta: Gava Media, 2018)
Fandy Tjiptono , Strategi Pemasaran (Yogyakarta: Andi Offset, 2014).
Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa, I (Yogyakarta: Andi Offset, 2014).
Fandy Tjiptono, Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima, (Yogyakarta: Andi Offset, 2017).
Fitria Halim dkk, Manajemen Pemasaran Jasa (Yayasan Kita Menulis, 2021).
Kotler Philip dan Armstrong Gary, Prinsip-Prinsip Pemasaran, 13th ed. (Jakarta: Erlangga, 2012)
Lupiyoadi R, Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Jakarta: Salemba Empat, 2013).
Syofian Siregar. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian (Jakarta: Rajawali Pers, 2012). Tjiptono, Pemasaran Jasa I. Yogyakarta: Andi Offset, 2014.
Published
2023-08-14
How to Cite
Ade Igustiani B, Ahsan Putra Hafiz, & Atar Satria Fikri. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN APLIKASI GO-JEK DI KOTA JAMBI. Journal of Student Research, 1(5), 358-371. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1751