KONSEP KEPEMIMPINAN DALAM AL-QUR’AN

  • Mardiana Aprianti Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Febi Ayu Safitri Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rosmaya kholifah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Kepemimpinan, Ciri Pemimpin

Abstract

Manusia sebagai satu-satunya makhluk ciptaan Allah swt yang begitu indah dengan kesempurnaannya dibandingkan dengan makhluk ciptaan Allah swt yang lain, yakni malaikat, jin, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Kesempurnaan manusia karena amanah yang diberikan oleh Allah swt untuk menjadi sosok makhluk wakil Allah di bumi, yakni sebagai khalifah Allah swt. Sebagai pemimpin yang bertugas dan bertanggung jawab mengolah, mengatur, memelihara dan memakmurkan bumi. Tugas dan tanggung jawab yang diberikan Allah swt. tersebut sangat besar dan berat, sehingga tak satupun makhluk Allah swt yang lain yang sanggup untuk menerimanya dan yang paling dianggap mampu ialah manusia.

References

As Suwadian, Thariq Muhammad, Basyahril, Faisal Umar, Melahirkan PemimpinMasa Depan,Jakarta : Gema Insani, 2005.
A-Salua, Ali, Imam dan Khalifah dalam Tinjauan Syar’I, Jakarta : Gema Insani Press, 1997.
Kamars, Dachel, Administrasi Pendidikan. Padang : University Putra IndonesiaPress, 2005. Kencana Syafiie,Inu, Ilmu Politik, Jakarta : Rineka Cipta, 2010.
Muttahari, Murtadha, Manusia dan Alam Semesta, Jakarta : Lentera, 2002. , Tema-tema pokok Nahj al-Balaghah, Jakarta : Al-huda, 2002.
Permadi,K, Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta : Rineke Cipta, 1996.
Riyai, Veithzal, Kiat Memipin dalam Abad Ke-21, Jakarta : Raja Grafindo persada, 2004.
Published
2023-08-14
How to Cite
Mardiana Aprianti, Febi Ayu Safitri, & Rosmaya kholifah. (2023). KONSEP KEPEMIMPINAN DALAM AL-QUR’AN. Journal of Student Research, 1(5), 418-431. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1765