Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Asuransi Syariah (Studi Pada Nasabah PT. Asuransi Jasa Raharja Putera Cabang Jambi)
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1767Keywords:
Produk, Besaran Premi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan NasabahAbstract
Pada hakikatnya, manusia juga dihadapkan dengan beragam resiko kecelakaan, mulai dari kecelakaan transportasi udara hingga angkutan, ditambah lagi kecelakaan kerja, kebakaran, hingga kematian. Asuransi merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, di mana sebagian besar masyarakat Indonesia sudah melakukan perjanjian dengan perusahaan asuransi, baik perusahaan asuransi milik negara maupun milik swasta nasional. Keberhasilan suatu perusahaan asuransi sangat dipengaruhi oleh bagaimana perusahaan membuat nasabah untuk memutuskan memilih perusahaannya dengan memberikan pelayanan kepada nasabah yang hendaknya diarahkan kepada pelayanan yang berkesinambungan. Keputusan nasabah dalam memilih, meliputi faktor produk, kualitas pelayanan dan besaran premi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk, besaran premi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam memilih asuransi Jasa Raharja Putera Cabang Jambi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, besaran premi, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih asuransi Jasa Raharja Putera Cabang Jambi. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini variabel-variabel tersebut valid dan reliabel.
References
Desiana, Dewi Susilowati, Negina Kencono Putri (2018), Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah untuk menggunakan jasa perbankan syariah di Kota Tasikmalaya", dalam Jurnal Ilmu Akuntansi. Vol.11, No.1, 2018
Muhammad Khoirul, Ayun Maduwinarti, and Agung Pujianto, “Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Persebaya Store Di Surabaya,” n.d.
Rafiqa Hastharita, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Asuransi Takaful di Bengkulu”, dalam Jurnal Hukum Ekonomi Syariah. Vol 4, No.2,2020
Venny Adhita Octaviani, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung di Bank”, dalam Jurnal Fokus. Vol.18, No.1, Maret 2020.
Buku Teks
Dr. Rosnaini Daga,.SE,.MM, Citra, Kulitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. (Makassar: Global-RCI, 2017).
Dr. dr. Agustinus Johanes Djohan, MM, FIAS. Manajemen dan Strategi Pembelian. (Malang : Media Nusa Creative).
Fandy Tjiptono. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi pertama. Andi Offset. Yogyakarta
Fandy Tjiptono.2007. Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta.
Hasan Ali, Op.Cit. Herman Darmawi, Manajemen Asuransi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Husain Syahatah, “Asuransi Dalam Perspektif Syariah”,(Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2006).
Krishna Anugrah,2020. Kuaitas Pelayanan Jasa: Akomodasi (Gorontalo: Ideas Publishing).
Phillip Kotler, Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, (PT. Prenhallindo, :Jakarta)
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prentice Hall, 1997).
Parasuraman, A. Valerie, (2001). (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality
Service. The Free Press, New York.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek , (Jakarta: Rineka Cipta, 2012)
Salim, Abas, Asuransi Dan Manajemen Risiko, (Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2007).