Pengaruh Digital Marketing, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Distro Kedai Oblong Jambi)

  • Rika Hubbina Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Agustina Mutia Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Marissa Putriana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Digital marketing, Desain Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam Islam setiap kegiatan bisnis harus taat pada dua prinsip, yaitu taat pada aturan atau tatanan moral yang ditetapkan Allah SWT. Dan empati, mensyukuri rahmat dan ciptaan Allah dengan cara menahan diri dari tindakan yang merugikan orang lain dan mencegah penyebaran praktik yang tidak etis. Digital marketing di Distro Kedai Oblong Jambi sudah bagus mereka mengenalkan distro mereka melalui media social seperti instagram tetapi pemilihan lokasinya kurang strategis karena berada didalam perumahan yang letaknya tidak dipinggir jalan. Sedangkan desain dan kualitas produk, telah berkembang dengan berbagai macam motif dengan kualitas yang bagus, namun hasil penjualan fluktuatif padahal seharusnya jika semua indikator produk tersebut telah diterapkan dapat mendorong minat konsumen untuk membeli produk sehingga menaikkan hasil penjualan. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Distro Kedai Oblong Jambi. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif sampel yang diambil sebanyak 61 responden dengan menggunakan teknik non probability yakni teknik sampel aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang secara kebetulan atau insidental bertemu dengan peneliti. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa digital marketing dan desain produk tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

 

References

Artikel Jurnal
Anabella Rieska Ardhiza, Wahyu Eko Setianingsih, and Ahmad Izzudin, “Pengaruh Design Product, Personal Branding, Distribution, Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Album K-Pop (studi kasus pembeli pada Weverse Shop),” Growth 21, no. 1 (April 18, 2023): 99, https://doi.org/10.36841/growth-journal.v21i1.2811.
Alicia Sastra Millenium, I Wayan Suardana, and I Made Kusuma Negara, “Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Startup Bike Rental Bananaz Bali,” Jurnal IPTA 9, no. 1 (July 19, 2021): 173, https://doi.org/10.24843/IPTA.2021.v09.i01.p17.
Muhammad Khoirul, Ayun Maduwinarti, and Agung Pujianto, “Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Persebaya Store Di Surabaya,” n.d.
Uci Handayani and Muhammad Hilman Fikri, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Sepeda Motor Honda Matic Beat Di Pt Anugerah Karya Abiwara Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara,” n.d.

Buku Teks
Evans, Dave. Praise for Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement. (Indianapolis, Indiana : Wiley Publishing, 2010).
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: ANDI, 2019)
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta : PT.Prabelindo, 2007)
Rusydi Abu Bakar, Manajemen Pemasaran (Bandung : Alfabeta,2008)
William J.Stanton, Prinsip Pemasaran Jilid 2 (Jakarta: Erlangga, 1996).
Published
2023-08-14
How to Cite
Rika Hubbina, Agustina Mutia, & Marissa Putriana. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Distro Kedai Oblong Jambi). Journal of Student Research, 1(5), 459-475. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1768