Pengaruh Kompetensi Karyawan, Etika Bisnis Islam Terhadap Kualitas Pelayanan Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kecamatan Rimbo Bujang Kab.Tebo Provinsi Jambi

Authors

  • Dea Sriutami Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mohammad Orinaldi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Victor Diwantara Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1786

Keywords:

Kompetensi Karyawan, Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Karyawan dan Etika Bisnis Islam terhadap Kualitas Pelayanan Nasabah di Bank Syariah Indonesia Cabang Rimbo Bujang” ini ditulis oleh Dea Sriutami, NIM 501190265, Jurusan Ekonomi Syari’ah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 2023.

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi dari kualitas pelayanan yang diberikan Bank kepada nasabah. Ada banyak pengaruh yang menjadikan pelayanan BSI Cabang Rimbo Bujang dapat berkualitas, diantaranya dari segi kompetensi karyawan dan etika bisnis Islam yang dimiliki oleh Bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kompetensi karyawan dan etika bisnis Islam tehadap kualitas pelayanan nasabah BSI Cabang Rimbo Bujang.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah aktif di BSI Cabang Rimbo Bujang dengan menggunakan teori slovin dengan batas kesalahan 5% didapatkan sampel sebesar 164 responden dengan uji coba sebanyak 30 responden melalui teknik random sampling dan sisanya 134 responden digunakan lagi sebagai uji instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah studi pustaka, observasi, wawancara dan angket.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: pengaruh kompetensi karyawan terhadap kualitas pelayanan sebesar 34,2%, pengaruh etika bisnis Islam terhadap kualitas pelayanan sebesar 65,4%, dan secara simultan kompetensi karyawan dan etika bisnis Islam terhadap kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 81,1%.

References

[1] A.Wangsawidjaja Z. Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2012.
[2] Abd. Haris. Etika Hamka Konstruksi Etik Berbasis Rasional-Religius. Yogyakarta: LkiS. 2010.
[3] Afrida Putritama. Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Industri Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Universitas Negeri Yogyakarta. 2018.
[4] Agus Arijanto. Etika Bisnis bagi Perilaku Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers. 2017.
[5] Ahmad rajafi. Masa Depan Hukum Bisnis Islam di Indonesia Telaan Kritisberdasarkan Metode Ijtihad Yusuf Al-Qaradawi. Yogyakarta: LkiS. 2013.
[6] Ajat Rukajat. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: DEEPUBLISH. 2018.
[7] Ameilia Zuliyanti Siregar dan Nurliana Harahap. Strategi Teknik Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi. Yogyakarta: DEEPUBLISH. 2019.
[8] Andriasan Sudarso. Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Yogyakarta: DEEPUBLISH. 2016.
[9] Anna Armeini Rangkuti. Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Prenada Media. 2017.
[10] Aprilliantoni. Etika Perbankan Studi Perfoma Bank Syariah dan Bank Sosial.Disertasi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2015.
[11] Arif Yusuf Hamali. Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta: Prenadamedia Group. 2016.
[12] Cut Mutiawati dkk. Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Yogyakarta: DEEPUBLISH. 2019.
[13] Daharmi Astuti dan Deswita Maharani. Kompetensi Lulusan Sarjana Ekonomi Syariah dalam Dunia Kerja (Urgensi dan Harapan). Jurnal Al-Hikmah Vol. 12 No. 2 Tahun 2015.
[14] Darmidi. Manajemen Sumber Daya Manusia ke Kepala Sekolahan. Yogyakarta: DEEPUBLISH. 2018.
[15] Devan Firmansyah dan Febby Soesilo. Sejarah Daerah Malang Jawa Timur. Malang: Inteligensia Media. 2020.
[16] Didin Fatihudin dan M. Anang Firmansyah. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: DEEPUBLISH. 2019.
[17] Edy Sutrisno. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: KENCANA. 2009.
[18] Endang Tri K. Sukarno. Agent Of Change. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2012.
[19] Fakhry Zamzam dan Havis Aravik. Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Yogyakarta: DEEPUBLISH. 2020.
[20] Freddy Rangkuti. Customer Care Excellence. Jakarta: PT Gramedia. 2016.
[21] Hamdi Agustin. Analisis Penerapan Nilai-nilai Islam pada Bank Syariah di Pekanbaru. Jurnal tabarru’. Vol. 2 No. 2 Tahun 2019.
[22] Harun. Nuria Siswi Enggarani dan Galang Taufani. Hukum Negara Administrasi di Era Citizen Friendly. Surakarta: Muhammadiyah University Press. 2018.
[23] Haryatmoko. Etika Publik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2011.
[24] Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2009.
[25] Imam Ghozali. Aplikasi Analisis Mulitivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2013.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Dea Sriutami, Mohammad Orinaldi, & Victor Diwantara. (2023). Pengaruh Kompetensi Karyawan, Etika Bisnis Islam Terhadap Kualitas Pelayanan Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kecamatan Rimbo Bujang Kab.Tebo Provinsi Jambi. Journal of Student Research, 1(5), 500–521. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i5.1786