Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Pengalaman Usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM Mitra Mandiri

  • Fajar Nur Iman Universitas Muhadi Setiabudi
  • Hilda Kumala Wulandari Universitas Muhadi Setiabudi
Keywords: Knowledge of Accounting, Business Experience, and Use of Accounting Information

Abstract

In Indonesia it has been proven that MSMEs make an important contribution to the economy, such as creating jobs, increasing GDP, increasing export value, and increasing domestic investment. However, business actors still face various challenges, one of which is the problem of using accounting information. The problem involves accounting knowledge and business experience. This study is intended to determine and analyze the impact of accounting knowledge and business experience on the use of accounting information. This study involved a population of 110 Mitra Mandiri MSMEs, with 52 respondents taken as a sample using an accidental sampling technique. Quantitative approach is used in this research. Testing the hypothesis using IBM SPSS Statistics 20. Testing the research data using the validity test, reliability test, classic assumption test, and hypothesis testing. This study shows the results that accounting knowledge partially has a significant effect on the use of accounting information, as well as business experience which also partially has a significant effect on the use of accounting information. In addition, accounting knowledge and business experience simultaneously also have a significant effect on the use of accounting information.

References

[1] Y. Setiyawati and S. Hermawan, “Persepsi pemilik dan pengetahuan akuntansi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atas penyusunan laporan keuangan,” Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, vol. 3, no. 2, pp. 161–204, 2018.
[2] K. T. Kustina and L. P. S. Utami, “Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah,” Journal of Financial and Tax, vol. 2, no. 1, pp. 13–31, 2022.
[3] S. Y. F. Dewi, “Pengaruh pengetahuan akuntansi, pelatihan akuntansi, jenjang pendidikan dan lama usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi pada usaha kuliner di kabupaten subang,” Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), vol. 1, no. 3, pp. 46–54, 2020.
[4] S. Kaligis and C. Lumempouw, “Pengaruh Persepsi Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kecamatan Dimembe: Usaha Mikro Kecil Menengah,” AKPEM: Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Pemerintahan, vol. 3, no. 2, pp. 1–16, 2021.
[5] A. Prayoga, H. K. Wulandari, A. S. Kharisma, and Y. Ernitawati, “Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Penjualan dalam Meningkatkan Laba Bersih,” Journal of Accounting and Finance (JACFIN), vol. 1, no. 2, pp. 17–24, 2019.
[6] S. Fithoriah and A. Pranaditya, “Pengaruh tingkat pendidikan, pengetahuan akuntansi, pengalaman usaha dan skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil menengah (Studi kasus pada pelaku UKM di Jalan Karangjati dan jalan Pringapus Kabupaten Semarang),” Journal Of Accounting, vol. 5, no. 5, 2019.
[7] F. Tambunan, “Pengaruh pengetahuan akuntansi dan pengalaman usaha terhadap pengembangan usaha dan penggunaan informasi akuntansi sebagai variabel intervening (Kajian empiris pada pelaku usaha kecil dan menengah di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal),” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, vol. 4, no. 2, pp. 371–394, 2019.
[8] L. Sakdiyah, R. Effendi, and A. S. Kustono, “Analisis Penerimaan Penggunaan E-Learning dengan Pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB) pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember,” E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, vol. 6, no. 2, pp. 120–126, 2019.
[9] K. Wiratama and N. L. G. E. Sulindawati, “Pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, pengetahuan akuntansi dan kompatibilitas terhadap minat umkm dalam menggunakan aplikasi si apik,” JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, vol. 13, no. 01, pp. 58–69, 2022.
[10] H. Wulandari, “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi Dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Umkm Di Sewon, Bantul, DIY Yogyakarta,” J Chem Inf Model, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.
[11] H. Ummah, S. Rosyafah, and M. Masyhad, “Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dan Perilaku Keuangan Terhadap Kinerja Manajerial Umkm Makanan Di Sidoarjo,” AKUNTANSI’45, vol. 2, no. 1, pp. 38–43, 2021.
[12] D. Kusnandar, “Pengaruh pengetahuan akuntansi, kebermanfaatan informasi akuntansi, dan pengalaman usaha terhadap pada pelaku umkm,” Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), vol. 1, no. 3, pp. 95–101, 2020.
[13] K. C. Firdarini, “Pengaruh pengalaman usaha dan penggunaan informasi akuntansi pelaku usaha mikro kecil menengah terhadap keberhasilan usaha,” Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, vol. 6, no. 1, pp. 25–37, 2019.
[14] E. Risa, M. Agussalim, and S. Y. A. Putri, “Pengaruh Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Tentang Akuntansi, Pengetahuan Akuntansi, Dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Di Kota Padang,” Pareso Jurnal, vol. 3, no. 4, pp. 903–915, 2021.
[15] N. M. I. Priliandani, P. D. Pradnyanitasari, and K. A. K. Saputra, “Pengaruh persepsi dan pengetahuan akuntansi pelaku usaha mikro kecil dan menengah terhadap penggunaan informasi akuntansi,” Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, vol. 8, no. 1, pp. 67–73, 2020.
[16] I. H. Mubarokah and C. Srimindarti, “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Skala Usaha Dan Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi,” Jurnal Akuntansi Profesi, vol. 13, no. 1, pp. 163–171, 2022.
[17] A. Faozan, H. K. Wulandari, H. Subagja, A. Yulianto, and S. B. Riono, “Pengaruh Biaya Promosi dan Harga Jual terhadap Volume Penjualan pada Yamaha Agung Motor Brebes,” Journal of Accounting and Finance (JACFIN), vol. 1, no. 2, pp. 74–84, 2019.
[18] N. Khoeriyah, A. Yulianto, A. Indriyani, I. D. Mulyani, and N. Aisyah, “Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan,” Journal of Economics and Management (JECMA), vol. 1, no. 1, pp. 83–91, 2019.
[19] A. Gofur, “Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan,” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, vol. 4, no. 1, pp. 37–44, 2019.
[20] N. M. B. Purba and K. Khadijah, “Analisis Tingkat Pendidikan, Skala Usaha, Pendapatan Usaha Dan Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku Umkm Di Kota Batam,” Jurnal Mutiara Akuntansi, vol. 5, no. 2, pp. 79–87, 2020.
Published
2023-10-20
How to Cite
Fajar Nur Iman, & Hilda Kumala Wulandari. (2023). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Pengalaman Usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pelaku UMKM Mitra Mandiri. Journal of Student Research, 1(6), 1-11. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1788