Analisis Manajemen Keuangan Pondok Pesantren Guppi Nurul Jadid Sumatera Selatan Dalam Perspektif Manajemen Keuangan Syariah

  • Famelia Sari Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Efni Anita Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahmad Syahrizal Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: manajemen keuangan, pondok pesantren Guppi Nurul Jadid, Sistem pengelolaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Bagaimana manajemen keuangan pada pondok pesantren Guppi Nurul Jadid Desa Sumbersari Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan . Penelitian deskriptif kualitatif adalah fokus dari jenis penelitian ini. Data primer dan sekunder merupakan sumber data yang digunakan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selama langkah analisis data, yang meliputi mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

 

Sistem pengelolaan keuangan di Pondok Pesantren Guppi Nurul Jadid dilakukan melalui proses perencanaan, pengorganisasisan, pelaksanaan, pegawasan dan evaluasi penerimaan dan pengeluaran dana Pondok Pesantren Guppi Nurul Jadid. Merujuk pada laporan keuangan ( anggaran pendapatan dan belanja ) Pondok Pesantren Guppi Nurul Jadid tahun 2022 di kelompokan diantaranya iuran bulanan santri (SPP), pemasukan aset pondok, sumbangan, dan pemerintah. Untuk pengeluaran atau penggunaan dana Pondok Pesantren Guppi Nurul Jadid sudah di atur dalam rapat tahunan yang diadakan setiap tahunnya oleh tim khusus guna melancarkan agenda tersebut dana dana tersebut dialokasikan sesuai dengan anggaran dan divisi yang sudah ada mulai dari Bidang konsumsi (makan santri), Alokasi Pendidikan, Alokasi Pembangunan Dan Perlengkapan, Alokasi Keuangan, Alokasi Keasramaan, Alokasi Dewan Guru, Alokasi Keamanan.

References

[1] A A Miftah, Pedoman Penulisan Skripsi (Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2022).
[2] Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2010).
[3] Ali Sadikin, Isra Misra, and Muhammad Sholeh Hudin, Pengantar Manajemen Dan Bisnis (Yogyakarta: K Media, 2020).
[4] Dadang Husen Soebana, Manajemen Keuangan Syariah (Bandung: CV. Pustaka Setia, 2018).
[5] Departemen Agama RI, Al-Qur’an Terjemahnya Yayasan Penyeleggara Penterjemah Al-Qur’an Disempurnakan Oleh Lajnah Pentasihih Mushaf Al-Qur’an (Bandung, 2005).
[6] Dokumentasi Dan Profile Pondok Pesantren Guppi Nurul Jadid, 2022.
[7] Hasbullah, Sejarah Pendidikan islam di indonesia (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001).
[8] M. BahriGozali, Pendidikan Pesantren Berwawasan Lingkungan, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2001).
[9] Samsu, Meode Penelitian Teori Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development (Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan, 2017), 2.
[10] Ahmad Syahrizal and Efni Anita, “Analisis Manajemen Keuangan Pondok Pesantren ( Studi Pada Pondok Pesantren Isti’ Dadul Mu’allimien Jambi )”02, no, 01 (Juni 28, 2021).
[11] Ardiansyah Pasaribuan, “Strategi Penerapan Manajemen Di Pondok Pesantren Dalam Membentuk Da’i (Studi Kasus Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Mandailing Natal,” 2018.
[12] As’ad Ali and Muhammad Hakim Azizi, “Pengembangan Manajemen Keuangan Pesantren Balekambang Jepara Dan Amsilati Darul Fallah Bangsri Jepara Di Era Digital" 12, no, 01 (Maret 12, 2021).
[13] Kalin Rezeki, “Manajemen Pondok Pesantren Raudhatul Muta’alimin Sukabumi Bandar Lampung Tela’ah Unsur-Unsur Manajemen,” 2018.
[14] Miftahol Arifin, “Manajemen Keuangan Pondok Pesantren,” 32, no, 01 (Januari 18, 2017).
Nur Fauziah, “Implementasi Manajemen Keuangan Syariah Pada Pondok Pesantren Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Pinrang,” 2022.
Published
2023-10-21
How to Cite
Famelia Sari, Efni Anita, & Ahmad Syahrizal. (2023). Analisis Manajemen Keuangan Pondok Pesantren Guppi Nurul Jadid Sumatera Selatan Dalam Perspektif Manajemen Keuangan Syariah. Journal of Student Research, 1(6), 12-29. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1791