ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM WIRAUSAHA UNGGULAN JAMBI DI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1794Keywords:
Strategi Pemasaran, Daya Saing, UMKMAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai Analisis Strategi pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah Wirausaha Unggulan Jambi. Dalam penelitian ini melakukan Analisis Strategi Pemasaran untuk meningkat daya saing PASniTAHU. Penelitian ini dilakukan langsung kelapangan dangan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan wawancara langsung ke lapangan dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan wawancara yang dilakukan secara santai, tidak merumitkan informan, dan pertanyaan yang diajukan tidak bersifat mengintrogasi melainkan hanya untuk mendapatkan data yang dibutuhkan guna menyelesaikan dan melengkapi penulisan dalam penelitian ini.hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran adalah salah satu cara memenagkan keunggulan dalam bersaiang yang berkesinabungan baik itu untuk perusahaan yang memperoduksi barang atau jasa. Strategi dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun rencana suatu perusahaan secara menyeluruh. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapat gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, mengetahui efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan, penelitian ini dilakukan di PASniTAHU. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari efektifitas strategi pemasaran menunjukan adanya peningkatan total penjualan dari bulan ke bulan dan dijadikan sebagai acuan efektifitas strategi pemasaran dalam persaingan usaha makanan ringan berbasis pangsit tahu.
References
Annisa Yuliana, Ratnawilli, and Arini Eti, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Di Rumah Makan Kampung Kecil Tanah Patah Kota Bengkulu),” Analisis Strategi Pemasaran,2020 11.
“Collaborative Marketing UMKM,” Jagoan Indonesia (blog), December 24, 2020, https://jagoanindonesia.id/collaborative-marketing-umkm/.
Promosikan Produk Lokal, WUJBI Hadir sebagai Pusat Oleh-oleh Khas Jambi.”
Wignyanto, “Bioremediasi Dan Aplikasinya” (Malang: UB Press, 2020), hlm. 93
Dini Hamidin, dkk, Strategi Pemasaran Di Era Di Gital,” (Sukabumi: CV. Haura Utama, 2022), hlm. 20
Chuanul Muchfaidzah and Lailatus Sa’adah, ” Manajemen Pemasaran Nu Care Lazisnu,” (Jombang:LPPM, 2021), hlm.29
Muhammad Yusuf Saleh and Miah Said, “Konsep Dan Strategi Pemasaran,” (Makassar:CV Sah Media, 2019), hlm. 2
Thomas W. Zimmerer, Norman M. Scarborough, Dan Doug Wilson, “Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil” (Jakarta: Penerbit Salemba empat, 2008), hal.413-418
mulyadi Raf, “Analisis Eksplanatori Faktor Daya Saing Industri Kecil” (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2012) Vol 14, no. 2 .
Tulus T.H. Tambunan, ‘’Usaha Mikro kecil Menengah di Indonesia,” (Bogor:Ghalia Indonesia,2019), hlm. 16
Ibu Dewi, “Wawancara Pemilik UMKM PASniTAHU,” Catatan Lapangan, Direct, May 9 2023
Ibu Willa, “Wawancara Konsumen UMKM PASniTAHU,” Catatan Lapangan, Direct, May 9 2023