ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM WIRAUSAHA UNGGULAN JAMBI DI KOTA JAMBI

  • Fitri Handayani Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahsan Putra Hafiz Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fauzan Ramli Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Strategi Pemasaran, Daya Saing, UMKM

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai Analisis Strategi pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah Wirausaha Unggulan Jambi. Dalam penelitian ini melakukan Analisis Strategi Pemasaran untuk meningkat daya saing  PASniTAHU. Penelitian ini dilakukan langsung kelapangan dangan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan wawancara langsung ke lapangan dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan wawancara yang dilakukan secara santai, tidak merumitkan informan, dan pertanyaan yang diajukan tidak bersifat mengintrogasi melainkan hanya untuk mendapatkan data yang dibutuhkan guna menyelesaikan dan melengkapi penulisan dalam penelitian ini.hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran adalah salah satu cara memenagkan keunggulan dalam bersaiang  yang berkesinabungan baik  itu untuk perusahaan  yang memperoduksi barang atau jasa. Strategi dapat dipandang  sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun rencana  suatu perusahaan secara menyeluruh. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapat gambaran mengenai  strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, mengetahui efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang dilakukan, penelitian ini dilakukan di PASniTAHU. Teknik pengumpulan datanya dengan  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari efektifitas strategi pemasaran menunjukan adanya peningkatan total penjualan dari bulan ke bulan dan dijadikan sebagai acuan  efektifitas strategi  pemasaran dalam persaingan usaha makanan ringan berbasis pangsit tahu.

References

Ariana Usman, Strategi Pemasaran Mobil Toyota Pada PT. Sarana Niaga Kota Ternate Maluku Utara. (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo, 2012), 1.
Annisa Yuliana, Ratnawilli, and Arini Eti, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus Di Rumah Makan Kampung Kecil Tanah Patah Kota Bengkulu),” Analisis Strategi Pemasaran,2020 11.
“Collaborative Marketing UMKM,” Jagoan Indonesia (blog), December 24, 2020, https://jagoanindonesia.id/collaborative-marketing-umkm/.

Promosikan Produk Lokal, WUJBI Hadir sebagai Pusat Oleh-oleh Khas Jambi.”
Wignyanto, “Bioremediasi Dan Aplikasinya” (Malang: UB Press, 2020), hlm. 93
Dini Hamidin, dkk, Strategi Pemasaran Di Era Di Gital,” (Sukabumi: CV. Haura Utama, 2022), hlm. 20
Chuanul Muchfaidzah and Lailatus Sa’adah, ” Manajemen Pemasaran Nu Care Lazisnu,” (Jombang:LPPM, 2021), hlm.29
Muhammad Yusuf Saleh and Miah Said, “Konsep Dan Strategi Pemasaran,” (Makassar:CV Sah Media, 2019), hlm. 2
Thomas W. Zimmerer, Norman M. Scarborough, Dan Doug Wilson, “Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil” (Jakarta: Penerbit Salemba empat, 2008), hal.413-418
mulyadi Raf, “Analisis Eksplanatori Faktor Daya Saing Industri Kecil” (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 2012) Vol 14, no. 2 .
Tulus T.H. Tambunan, ‘’Usaha Mikro kecil Menengah di Indonesia,” (Bogor:Ghalia Indonesia,2019), hlm. 16
Ibu Dewi, “Wawancara Pemilik UMKM PASniTAHU,” Catatan Lapangan, Direct, May 9 2023
Ibu Willa, “Wawancara Konsumen UMKM PASniTAHU,” Catatan Lapangan, Direct, May 9 2023
Published
2023-10-21
How to Cite
Fitri Handayani, Ahsan Putra Hafiz, & Fauzan Ramli. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM WIRAUSAHA UNGGULAN JAMBI DI KOTA JAMBI. Journal of Student Research, 1(6), 30-46. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1794