STRATEGI HOME INDUSTRI KERUPUK UDANG DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI KECAMATAN NIPAH PANJANG

  • Hasnidar UIN STS JAMBI
  • Habriyanto UIN STS JAMBI
  • Eri Nofriza UIN STS JAMBI
Keywords: Strategi, Home Industri, Kerupuk Udang

Abstract

Usaha Home Industry kerupuk udang di Kecamatan Nipah Panjang sangat berkontribusi positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, dalam hal ini adalah pihak pengusaha/pengelola, pihak karyawan, pihak penyedia bahan baku serta pihak tempat penitipan produk (pihak penjual/yang memasarkan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis induktif dan deskriptif analisis. Melalui penelitian diperoleh langkah startegis yang ditempuh oleh usaha home industry kerupuk udang dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Nipah Panjang adalah menjaga kualitas produk serta berusaha meningkatkan jumlah modal.

References

Abdurrahman Fathoni, Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2011).
Agus Arijanto, Etika Bisnis bagi Pelaku Bisnis: Cara Cerdas dalam Memahami Konsep dan Faktor-Faktor Etika Bisnis dengan Beberapa Contoh Praktis, (Jakarta: Raja Wali Pers, 2011).
Amirul Hadi & Haryono, Metode Penelitian Pendidikn. (Bandung: Pustaka Setia. 1998).
Hari Suminto, Pemasaran Blak-blakan, (Batam: Inter Aksara, 2002).
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), (Jakarta: Gaung Persada Pers, 2008).
M. Mursyid, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014).
Muhammad Asyraf Dawwabah, Meneladani Keunggulan Bisnis Rasulullah, (Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2006).
Muhammad Nafik HR, Perbandingan Sistem Bunga dengan Bagi Hasil & Dampaknya pada Perekonomian, (Surabaya: Amanah Pustaka, 2009).
Narasuma, Keterampilan Home Industry, (Karanganyar: YPK, 2014).
Tulus Tambunan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Di Indonesia, (Jakarta: LP3ES, 2012).

Jurnal dan Skripsi
Akmal Ihsan, “Kontribusi Industri Rumahan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Kota Watampone”, Jurnal Ilmiah Al Tsarwah, Vol. 4 No.2, 2018.
Maulana, “Dampak pelaksanaan Proyek Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Mertoyudan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun 2007”, Tesis Magister Pendidikan, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2008.
Ria Harmonis, “Efektivitas Home Industri dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Ditinjau dari Produksi Islam”, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu, 2021.
Riski Ananda (2016), “Peran Home Industri dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industri Keripik di Kelurahan Kubu Gadang”, Jurnal JPM FISIP, Vol. 3 No. 2 – Oktober 2016.
Rizqi Yulida Evitasari dan Bagus Kisworo, “Wirausaha Home Industry Mebel dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Keluarga”, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah FIP, Vol. 5 No 1, Februari 2020.
Sukanda Permana dan Ikbal Mega Winyu Dita, “Peran Industri Kecil Cutton Bud dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Cigentur Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung”, Jurnal Resource, Vol.2 No. 1, 2022.
Yusrianto Sholeh, “Peranan Home Industri Emping Melinjo dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan”, Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Volume 6, Nomor 1, 2017.

Website
http://tanjabtimkab.bps.go.id/webbeta/website/pdf_publikasi/Kecamatan-Nipah-Panjang.
Published
2023-10-21
How to Cite
Hasnidar, Habriyanto, & Eri Nofriza. (2023). STRATEGI HOME INDUSTRI KERUPUK UDANG DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI KECAMATAN NIPAH PANJANG. Journal of Student Research, 1(6), 47-68. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1795