Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket Win Win Kota Jambi

  • Mariya Ulfa Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Titin Agustin Nengsih Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Khusnul Istiqomah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Pelayanan, Lokasi, dan Store Atmosphere secara parsial dan simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket Win Win Kota Jambi. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Deskriptif dengan metode survey yang dilaksanakan di Minimarket Win Win Kota Jambi. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik Lemeshow dengan jumlah sampel 100 konsumen. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) ada pengaruh antara pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen (2) tidak adanya pengaruh antara lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen (3) ada pengaruh antara store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen (4) ada pengaruh antara pelayanan, lokasi, dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen. Penguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengn taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini menghasilkan empat hal yaitu: (1) Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Win Win Kota Jambi. (2) Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Win Win Kota Jambi. (3) Store Atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Win Win Kota Jambi. (4) berdasarkan hasil pengujan secara simultan variabel pelayan (X1), lokasi (X2), dan store atmosphere (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Adapun kesimpulan penelitian ini adalah semakin baik pelayanan, lokasi dan store atmosphere maka keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Win Win Kota Jambi akan semakin meningkat dengan baik.

References

A.A Miftah and Ambok Pangiuk. 2020. Budaya Bisnis Muslim Jambi Dalam Perspektif Kearifan Lokal. Malang: Alih Media Book.
Afandi, Muh Farid. 2017. “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Gian Cabang Perintis.” Muhammadiyah Makassar,.
Christina Whidya Utami. 2014. Manajemen Ritel Dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Di Indonesia. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
“Data Pusat Perbelanjaan Dan Toko Swalayan Dalam Wilayah Kota Jambi.” 2018. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi.
Fitri Morina Tobing and Dionisius Sihombing. 2016. “Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Carrefour Citra Garden Medan).” Jurnal Plans Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 150-151, 11.
I Wayan Adnyana. 2021. Raksasa Ritel Di Kota Denpasar Marginalisasi Pedagang Kecil Akibat Ekspansi Minimarket Modern Di Kota Denpasar. Bali: Nilacakra.
Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program BM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
———. 2014. Ekonometrika (Teori, Konsep Dan Aplikasi Dengan IBM SPSS 22). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Muh, Nur Eli Brahim. 2021. Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Akuntansi Dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XI Semester 2. Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen. Program Keahlian Akuntansi Dan Keuangan. Kompetensi Keahlian Akuntasni Dan Keuangan Lembaga. Yogyakarta: Andi.
Muhammad Aqil and Roy Efendi. 2021. Aplikasi SPSS Dan SAS Untuk Perancangan Percobaan. Yogyakarta: Absolute Media.
Musfar, Tengku Firli. 2020. Buku Ajar Manajemen Pemasaran : Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Philip Kotler and Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
———. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sustina. 2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
T. Hani Handoko. 2012. Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Titin Agustin Nengsih, Arsa, and Pradita Sari Putri. 2021. “Determinan Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah : Studi Empiris Di Kota Jambi.” Journal of Business and Banking 11: 103.
Titin Agustin Nengsih, Bella Arisha, and Yuliana Safitri. 2022. Statistika Deskriptif Dengan Program R. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Titin Agustin Nengsih, Fani Kurniawan, and Ahmad Syukron Prasaja. 2021. “Analisis Perbandingan Keputusan Membeli Di Pasar Tradisional Dan Modern.” IJIEB: Indonesian Journal Of Islamic Economics and Business 5.
Titin Agustin Nengsih, Muhammad Maulana Hamzah, and Anisah. 2021. “Analisis Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia Studi Empiris Desa Pelawan Jaya.” Al- Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Perbankan Syariah 5: 34–35.
Published
2023-10-24
How to Cite
Mariya Ulfa, Titin Agustin Nengsih, & Khusnul Istiqomah. (2023). Pengaruh Pelayanan, Lokasi, Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Minimarket Win Win Kota Jambi. Journal of Student Research, 1(6), 115-132. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1798