Strategi Penghimpunan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah Pada Masjid Nurul Huda Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur

  • Firdayani Fatlisa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Habriyanto UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Marissa Putriana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Strategi, Penghimpunan Dana ZIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Penghimpunan Dana ZIS Pada Masjid Nurul Huda Desa Pmusiran Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui Wawancara, Observasi, serta dokumentasi sebagai pelengkap data. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian langsung dilapangan serta wawancara langsung dengan pihak Masjid Nurul Huda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penghimpunan dana ZIS yang dilakukan di Masjid Nurul Huda desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur masih belum optimal. Bisa dilihat dari perolehan dana ZIS yang mengalami penurunan dari tahun 2017 sampai 2022. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam berkewajiban membayar zakat dan tidak adanya sosialisasi untuk menambah pemahaman masyarakat tentang pentingnya membayar zakat.

References

1. Sumber al-Qur’an dan kitab
Departemen Agama RI, Qur’an Terjemah Tajwid (Jakarta: Maghfirah Pustaka,2006)
Kitab Bulughul Marom Min Adallatil Ahkam, hadits 1
2. Sumber Buku
Ali Sakti, Analisis Teoritis Ekonomi Islam, Jawaban atas Kekacauan Ekonomi Modern (Jakarta: Paradigma & Aqsa Publishing,2007),
Anoraga Pandji, Manajemen Bisnis (Jakarta: Rineka Cipta, 2009),
Assauri Sofjan,Strategic Management,(Jakarta,Rajawali Pers 2016)
April Purwanto, Manajemen Fundraising Bagi Organisasi Pengelola Zakat, (2009),
Basri Faisal. Perekonomian Indonesia, (Kencana, September 2002).
Burhan Bungin, Metode Penelitian Kualitatif, ( Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2011)
Djam’an Satori dan Aan Komariah, Metedologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Alfabeta),
Daud. M, Ali . Sistem Ekonomi Islam:Zakat dan Wakaf. (Jakarta : UI Departemen Agama RI, Al-Hikmah Pelaporan Zakat Pengurangan Pajak Penghasilan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006),
Didiek Ahmad Supadie, dkk, Studi Islam II
Fakhruddin, Zakat Dalam Perekonomian Modern, (UIN-Press Malang :2008),
Hadi Amirul, Metode Penelitian Pendidikan,(Bandung Pustaka setia, 1998)

3. Sumber jurnal

Mudzakkir Ilyas,”Strategi Dalam Menghimpun Dana Zakat, Infaq dan sedekah Studi kasus Pada Laznas Dewan Da’wah Sumatera Selatan Kota Prabumulih”, Jurnal Adi Islamic Economic, No.01 Mei 2021 (Sumatera Selatan:(02),2021)
Aswin Fahmi D,” Strategi Penghimpunan Dana Zakat, Infaq, Sedekah pada Lembaga Amil Zakat,Infaq,Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) Kota Medan”, Jurnal At-Tawassuth, No.1 Januari-Juni 2019 (Medan:(04),2019)
Suci Utami Wikaningtyas.” Strategi Penghimpunan Dana Zakat Pada organisasi Pengelola Zakat di Kabupaten Bantul”, Jurnal Riset Manajemen, No.1 Juli 2015 (Yogyakarta:(2),2019)
Arif Hartono.”Optimalisasi Peran Zakat Sebagai Instrumen Pembangunan Umat”, Jurnal Ilmiah UNISIA, No.3 Agustus 2017 (Depok:(2),2017)
Published
2023-10-25
How to Cite
Firdayani Fatlisa, Habriyanto, & Marissa Putriana. (2023). Strategi Penghimpunan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah Pada Masjid Nurul Huda Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Journal of Student Research, 1(6), 162-170. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1803