PENGARUH LABEL HALAL, BRAND IMAGE DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DI RESTORAN ICHIBAN JAMTOS JAMBI

Authors

  • Meisha Nabilla Putri Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Agustina Mutia Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Erwin Saputra Siregar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1808

Keywords:

Label Halal, Brand Image, LifeStyle, Keputusan Pembelian

Abstract

Munculnya suatu Brand besar pada suatu produk makanan membuat beberapa masyarakat muslim tertarik untuk ikut menikmati produk dari brand besar tersebut. Dan berubahnya gaya hidup di  zaman generasi z membuat beberapa masyarakat muslim ikut menjadi konsumen pada brand makanan tersebut sehingga membuat beberapa konsumen muslim tidak terlalu memikirkan apakah brand makanan tersebut sudah bersertifikat halal atau belum.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan pengarus label halal,brand image, lifestyle terhadap keputusan pembelian konsumen muslim di Restoran Ichiban Jamtos Jambi. Metode yang digunakan penelitian ini kuantitatif, dan metode analisi data yang digunakan adalah uji koefisien determinasi. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 responden yang merupakan konsumen muslim Restoran Ichiban Jamtos Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Label halal, brand image,lifestyle secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan nilai adjusted R square (koefisien determinasi) sebesar 0,105 atau 10.5%. Pada pengujian asumsi klasik penelitian ini berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan multikolinearitas.

References

[1] Agustina Mutia,Pengaruh gaya hidup dan minat terhadap kebiasaan pembelian barang yang tidak terencana masyarakat kota jambi, Iltizam Journal Of Shariah Economic Research, Vol. 1, No. 1, 2017.

[2] Ahmad Izzuddin, Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner, jurnal penelitian ipteks, vol 3 no 2 (2018).
[3] Aldino Reza Pratma, Pengaruh International Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pengguna laptop Macbook merek Apple di Jakarta,Bandung,Semarang, dan Malang), Jurnal Administrasi dan Bisnis (JAB) Vol. 23 No. 1 juni 2015

[4] Anwar, A., Gulzar, A., Fahid, B.S., Akram, S.N. (2011). Impact of Brand Image, Trust and Affect on Consumer Brand Extension Attitude: The Mediating Role Of Brand Loyalty. International Journal of Economics and Management Sciences, 1 (5), hal 73.
[5] Ayu Abriyanti Chandra Dewi, Hatane Semuel, (Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap CustomerSatisfaction Dan Customer Loyalty Pada Pelanggan Sushi Tei Surabaya),Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 3, No. 1, (2015) 1-13

[6] Al Ghazali, Imam. 2007. Rahasia Halal-Haram: Hakikat Batin Perintah dan Larangan Allah. Terjemahan oleh Iwan Kurniawan. Bandung: Mizania
[7] Burhanuddin. 2011. Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen & Sertifikat Halal. Malang: UIN-MALIKI PRESS.
[8] Danang Sunyoto, Metode Penelitian Akuntansi, (Bandung: PT. Refika Aditama, (2013).
[9] Ferrinadewi. E. 2008. Merek & Psikologi Konsumen. Yogyakarta. Graha Ilmu.
[10] Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center For Academic Publishing Service): Yogyakarta.

[11] Ismi Aziz Makrufah, “Pengaruh Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Konsumen di Outlet Toserba Laris Kertasura), “Skripsi (Surakarta: IAIN Surakarta, 2017).

[12] Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke-12. Alih Bahasa oleh Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

[13] Muflih, M. (2006). Perilaku konsumen dalam perspektif ilmu ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

[14] M. Anang Firmansyah, Perilaku Konsumen: Sikap Dan Pemasaran (Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2018).

[15] Muhammad Ilyas Ismail Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, dan Prosedur 2020.

[16] Nugraha J. Setiadi, Edisi Revisi Perilaku Konsumen, (Jakarta: Prenada Media Group, 2010), 80

[17] Nugraheni, P. N. A (2003) Perbedaan Kecendrungan Gaya Hidup Hedonis Pada Remaja Ditinjau dari Lokasi Tempat Tinggal. Surakarta: fakultas psikologi UMS hal 15

[18] Nugroho J. Setiadi, Perilaku Konsumen: Prespektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, 75-77.

[19] Sofyan, H. (2014). Sertifikasi Halal Dalam Hukum Positif: Regulasi Dan Implementasi Diindonesia. Yogyakarta. Aswaja pressindo 2014.

[20] Solomon, Consumer Behavior; Buying, Having, Being (7th Ed), New Jersey; Prentice Hall, 2009).

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Meisha Nabilla Putri, Agustina Mutia, & Erwin Saputra Siregar. (2023). PENGARUH LABEL HALAL, BRAND IMAGE DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DI RESTORAN ICHIBAN JAMTOS JAMBI. Journal of Student Research, 1(6), 257–275. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1808