Pengaruh Kemudahan Dan Promosi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FAKULTAS Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Sultan Thaha Saifuddin Jambi (Pada E-Commerce Shopee)

Authors

  • Rizky Ayu Ananda Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Elyanti Rosmanidar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Solichah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1809

Keywords:

Ease of e-commerce, Promotion, Consumptive behavior

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemudahan dan promosi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dan metode analisis data yang digunakan adalah uji koefisien determinasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 sampel mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi angkatan 2019-2022 dengan menyebarkan kuesioner skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh secara signifikan positif antara Kemudahan (X1) terhadap Perilaku Konsumtif (Y). Hal ini dibuktikan dengan berdasarkan hasil uji t variabel kemudahan (X1) diperoleh nilai signifikan 0.638 > 0.05 dan T hitung < T tabel yaitu sebesar 0.472 < 1.984 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kemudahan terhadap perilaku konsumtif. Hasil uji t variabel promosi (X2) diperoleh nilai signifikan 3.427 > 0.05 dan T hitung < T tabel yaitu sebesar 3.427 > 1.984 maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel promosi terhadap perilaku konsumtif. Nilai Adjusted R Square (koefisien determinasi) sebesar 0,123 atau 12,3%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas (X1) dan (X2)  terhadap (Y) memberikan pengaruh sebesar 12,3% dan sisanya adalah Sebesar 87,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Standard error of the Estimate, adalah ukuran kesalahan prediksi, nilai 7.371. Itu berarti kesalahan dalam memprediksi Y sebesar 7.371.

References

[1] Al-Ghifari, A. (2003). Remaja Korban Mode. Bandung: Mujahid.
[2] Ancok. (1995). Nuansa Psikologi Pembagunan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[3] Barak Libai, d. (2010). Customer-to-Customer Interactions: Broadening the Scope of Word of Mouth Research. Journal of Service Research , 267.
[4] Berkatullah, d. (2005). Bisnis E-Commerce Studi Sistem Keamanan dan Hukum Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[5] F., D. R. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen 2.3, 1-8.
[6] Falah, M. N. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Risiko Minat Menggunakan Kembali ShopeePay di Kota Malang Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 13.
[7] Ghozali, I. (2016). Aplikasi Ananlisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: UNDIP.
[8] Humaidiana. (2005). Sistem Informasi Manajemen . Yogyakarta: Graha Ilmu.
[9] Irfani, F. (2010). Pengaruh Iklan Fashion Majalah Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMAN 2 Kota Tangerang Selatan. Sarjana Komunikasi Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah, 24.
[10] Istikharotullaila, N. N. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi dan Orientasi Belanja Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Media Instagram. 117.
[11] Jamaluddin, A. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Yogyakarta: Gaya Media.
[12] Keller, K. &. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
[13] Mangkunegara, A. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia (Bandung: Remaja Rosdakarya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[14] Mazivah, N. A. (2015). Perilaku Konsumtif Dalam Berbusana di Kalangan Santriwati Pondok Pesantren Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Program studi Sosiologi.
[15] Muhamad, A. P. (2014). Analisa Biaya Pembangunan. Fakultas Teknik UMP.
[16] Muhammad Ridwan, d. (2018). Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Lazada Di Medan). J-EBIS 3 No.2, 132-47.
[17] Muslian, A. (n.d.). Al-Qur'an Terjemahan (Al-Qur'an Tafsir Bil Hadist). Bandung: Cordoba.
[18] Ningrum, U. Y. (2011). Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Pakaian Distro Ditinjau dari Konformitas pada Siswi SMK Abdi Negara Muntilan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
[19] Noverin, A. D. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kepercayaan Penggunaan ShopeePay Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Saat Pandemi COVID-19. 62.
[20] Pratiwi, G. I. (2015). Perilaku Konsumtif dan Bentuk Gaya Hidup (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Motor Bike of Kawasaki Riders Club (BKRC) Chapter Malang) . Universitas Brawijaya Malang.
[21] Setywan I Martha, H. S. (2007). Correlation Among Self-Esteem With A Tendency Hedonist Lifestyle Of Students At Diponegoro University . Diponogoro University, 24.
[22] Sri Haryanti, T. I. (n.d.). Rancangan Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion.
[23] Wardiyono. (2019). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya 19, No.1, 23.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Rizky Ayu Ananda, Elyanti Rosmanidar, & Solichah. (2023). Pengaruh Kemudahan Dan Promosi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FAKULTAS Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Sultan Thaha Saifuddin Jambi (Pada E-Commerce Shopee). Journal of Student Research, 1(6), 276–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i6.1809